(World Junior Championships 2014) Kembali Tundukkan Unggulan, Rian/Rosyita Tembus Semifinal

(Alor Star, 16/4/2014)
Pasangan ganda campuran Muhammad Rian Ardianto/Rosyita Eka Putri Sari kembali membuat kejutan dengan menumbangkan pasangan unggulan 5/8 dari Tiongkok, He Jiting/Du Yue, 21-14, 21-16.

Kemenangan ini membawa Rian/Rosyita ke babak semifinal BWF World Junior Championships 2014 sekaligus memenuhi target pertama yang ditentukan. Hasil ini bisa dikatakan cukup baik, mengingat Rian/Rosyita sebetulnya bukanlah pemain spesialis ganda campuran. Apalagi, mereka baru saja berpasangan dan menjalani latihan bersama dalam beberapa minggu sebelum berangkat ke WJC 2014.

"Kami bersyukur dengan kemenangan ini. Walaupun sudah mencapai target, kami berharap bisa meraih hasil yang lebih. Dari awal kami memang sudah yakin kalau bisa melewati unggulan kedua, kami pasti bisa melaju terus," ujar Rian kepada Badmintonindonesia.org.

Game pertama dimenangkan Rian/Rosyita dengan relatif mudah. Rosyita yang biasa jadi ‘tukang gebuk’ di nomor ganda putri, ternyata juga bisa melakoni peran yang sama di nomor ganda campuran. Sambaran Rian di depan net pun tak kalah mematikan, Rian/Rosyita pun begitu menguasai jalannya pertandingan.

Di game kedua. Duo R sempat ketinggalan jauh 10-15 dan bermain di bawah tekanan. Rian/Rosyita pun balik Berkonsentrasi meraih satu demi satu poin, Rian/Rosyita mulai kembali ke permainan mereka dan balik menerapkan serangan ke arah lawan. Giliran ganda Tiongkok yang tertinggal 16-17.

"Kami sudah yakin bisa menang dari ganda He/Du. Mereka tak sebagus pasangan Huang Kaixian/Chen Qingchen. Terutama Du yang permainan depannya kurang bagus," beber Rosyita.

Usai meraih tiket semifinal, Rian/Rosyita segera mempersiapkan diri untuk partai selanjutnya. Rian bermain rangkap di ganda putra bersama Clinton Hendrik Kudamassa, sementara Rosyita juga bermain di ganda putri bersama Apriani Rahayu.

Saat berita ini diturunkan, Anthony Sinisuka Ginting tengah bertanding melawan tunggal putra Jepang, Kanta Tsuneyama. Anthony sementara unggul di game pertama, 21-12. (*)