(Liga Mahasiswa 2014) UPI & Unikom Berpeluang Kawinkan Gelar LIMA Badminton WJC 2014

 

(Jakarta, 11/4/2014) Tim UPI berpeluang mengawinkan titel juara pada gelaran Liga Mahasiswa (LIMA) Badminton West Java Conference (WJC) 2014 setelah memastikan tim putra dan putri ke babak final.

Tim putra UPI memastikan satu tiket ke babak final lebih dulu dibanding tim putri. Di babak semifinal yang digelar di Sport Hall UPI, Jumat (11/4), tim putra UPI ditantang tim debutan LIMA Badminton 2014, Universitas Siliwangi (Unsil). Namun bagi Unsil, tim UPI masih terlalu tangguh untuk ditaklukkan. UPI pun unggul 3-0.

Poin pertama bagi tim putra UPI disumbangkan dari nomor tunggal atas nama Setia Saptadi setelah mengalahkan tunggal Unsil, Gugun Erguna dalam waktu 29 menit, 21-16 dan 26-24.

Pasangan ganda UPI Ade Gausal Ibad/Fadhlan Aditya menambah keunggulan UPI menjadi 2-0 setelah mengalahkan pasangan Unsil, Dimas/Aji Sansan dengan skor 21-7 dan 21-17. Dan kemenangan UPI ditentukan oleh triple Budiman Faza Nugraha/Muhammad Ridwan/Setia Sopandi dengan mengalahkan triple Redi Ramdani/Randi Nandika/Yudi Aditya dengan skor 23-21 dan 21-11 dalam waktu 20 menit. DEngan keunggulan 3-0 bagi UPI, dua partai tersisa yakni tunggal kedua dan ganda kedua pun tidak dipertandingkan.

Sementara di kelompok putri, UPI berhasil mengalahkan tim Unikom dengan skor 4-1. Poin pertama UPI disumbangkan Tia Sondari setelah mengalahkan Dilisuci Desuari Sela, 21-18 dan 25-23. Kemudian di partai kedua, Agitania Sesaria W/Neneng Aldila S (UPI) mengalahkan Kurnia Hadiyanti A/Dewi Mirawati (Unikom) melalui laga rubber set, 19-21, 21-17, dan 21-13.

UPI menambah kemenangan jadi 3-0 atas Unikom setelah triple Astrid Jein Astrini/Kurnia Andari/Yunis mengalahkan Nova Gia/Rina Maida/Vicya, 21-7 dan 21-4. UPI pun merebut partai keempat setelah Intan Ayuningtyas mengalahkan Dewi Mirawati, 22-20 dan 21-17.

Unikom mendapat poin penggembira setelah memenangkan partai kelima melalui pasangan Dilisuci Desuari S/Vicya Sanda D yang mengalahkan pasangan Nadya Rachmawati/Nuansa Giva, 21-17 dan 21-17.

"Di putra kita memang fokus untuk menurunkan pemain utama di tiga partai pertama dan itu berhasil dengan menang langsung 3-0. Dan untuk final besok (hari ini), siapapun lawannya, kita pun akan fokus di tiga partai pertama. untuk komposisi kita akan ubah," ujar Manajer Tim UPI, Ahmad Saeful Azhari.
Sedangkan untuk kelompok putri, Ahmad berharap para pemainnya tidak terlalu bereuforia berlebihan. Pasalnya, laga tersebut hanya penentu untuk posisi grup.

"Di final putri, kita akan kembali hadapi Unikom. Akan ada evaluasi, termasuk kemungkinan perubahan komposisi tim," tegasnya.
Di laga semifinal putra lainnya antara Unikom versus STKIP Pasundan, berlgsung sengit. Namun di hasil akhir, tim putra Unikom berhasil mempercundangi tim putra STKIP Pasundan dengan skor 3-0. Dengan demikian, babak final putra pun akan mempertemukan tim UPI kontra Unikom.

Dan di laga terakhir LIMA Badminton WJC 2014 di kelompok putri, tim putri Unpar kalah WO atas tim putri STKIP Pasundan karena tidak hadir di lapangan.

Untuk laga grand final LIMA Badminton 2014, regional Jabar sudah memastikan mengirim tiga wakil putri. Yakni UPI, Unikom, dan Unpad. Sedangkan untuk putra, baru UPI dan Unikom yang memastikan lolos. Sedangkan satu  kuota lain akan diperebutkan oleh Unsil dan STKIP Pasundan.

"Untuk di grand final kita belum bisa prediksi seperti apa, soalnya regional Jakarta dan Nusantara baru akan digelar. Yang pasti kita targetkan UPI putri mempertahkan gelar juara dan putra perbaiki peringkat dari sebelumnya juara 2," pungkas Ahmad.