(Malaysia GPG 2014) Delapan Wakil ke Babak Delapan Besar

(Johor, 27/3/2014)

Adriyanti Firdasari berhasil lolos ke babak perempat final Malaysia Open Grand Prix Gold 2014. Pemain asal klub Jaya Raya Jakarta ini membuat kejutan dengan menaklukkan unggulan ketiga, Yui Hashimoto (Jepang), 21-17, 21-13. Firda merupakan satu dari delapan wakil Indonesia yang melaju ke babak delapan besar.

"Lawan memaksa untuk main menyerang di game pertama dan dia merasa tidak nyaman dengan bola-bola saya," ujar Firda yang dijumpai usai pertandingan.

"Di akhir game pertama, saya mempercepat permainan depan supaya tidak keserang duluan. Selain itu, kunci kemenangan saya adalah bermain lepas," tambahnya.

Pada game kedua, Firda tampil lebih sabar dan tidak terburu-buru. Bermain di lapangan yang berangin, Firda pun terus berusaha menurunkan bola. Strategi Firda berhasil, ia mbuat Yui tak berkutik, tiket babak delapan besar pun berhasil diamankan.

Di perebutan tiket babak semifinal, Firda akan berjumpa dengan Thulasi. P.C asal India. Kedua pemain tercatat belum pernah bertemu. Jika melihat kekuatan di atas kertas, peluang Firda cukup terbuka untuk mengamankan tempat di babak empat besar.

Meskipun secara rangking, Firda yang kini duduk di posisi 135 dunia masih berada di bawah Thulasi yang memiliki peringkat 76 dunia, Firda memiliki banyak pengalaman ketimbang calon lawannya tersebut.

“Mudah-mudahan saya bisa mengalahkan Thulasi, semoga saya bermain lebih baik lagi,” ungkap Firda.

Sayang, sukses Firda belum dapat diikuti rekannya, Maria Febe Kusumastuti. Febe terhenti di babak kedua dari Deng Xuan (China), 14-21, 10-21. Di nomor tunggal putra, Wisnu Yuli Prasetyo juga terjungkal di tangan unggulan keenam dari India, Gurusaidutt. R.M.V, 21-23, 9-21.

Indonesia meloloskan delapan wakil ke babak delapan besar. Mereka adalah Simon Santoso (tunggal putra), Adriyanti Firdasari (tunggal putri), Markis Kido/Marcus Fernaldi Gideon, Fran Kurniawan/Bona Septano, dan Andrei Adistia/Hendra Aprida Gunawan (ganda putra), Praveen Jordan/Debby Susanto, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja serta Muhammad Rijal/Vita Marissa (ganda campuran).

Hasil lengkap babak 16 besar Malaysia Open Grand Prix Gold 2014 dapat diakses di sini.