Gita Wirjawan Terima Penghargaan Sebagai Pembina Cabor Terbaik

(Jakarta, 8/3/2014)
Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia ( PP PBSI) Gita Wirjawan menerima penghargaan sebagai pembina cabang olahraga terbaik tahun 2014 versi Komite Olimpiade Indonesia (KOI).
 
Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Umum KOI Rita Subowo di Hotel Peninsula, Jakarta pada Jumat (7/3) bertepatan dengan acara rapat tahunan KOI.
 
“Penghargaan ini merupakan hasil kerja pemangku kepentingan seperti pengurus, pelatih, atlet serta sponsor,” komentar Gita soal penghargaan yang diterimanya.
 
“PBSI bangga sebagai salah satu cabang olahraga yang terpilih untuk menerima penghargaan ini Semoga penghargaan ini dapat memacu kami untuk lebih berprestasi lebih baik lagi,” tutur Achmad Budiharto, Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI.
 
Selain itu, PP PBSI juga menerima bantuan dari Olympic Solidarity berupa dana pembinaan sebesar 5000 dollar AS. Bantuan tersebut diberikan kepada cabang yang berkontribusi besar terhadap negara. Olympic Solidarity bertujuan memberikan bantuan kepada komite olimpiade setiap negara, terutama mereka yang membutuhkan. Diharapkan bantuan ini dapat digunakan untuk membangun struktur yang bertujuan mengembangkan olahraga di negara tersebut.
 
Dibawah kepemimpinan Gita, bulutangkis Indonesia telah berhasil mempersembahkan tujuh medali di SEA Games Myanmar 2013 yang terdiri dari tiga medali emas, tiga medali perak serta satu medali perunggu.
 
Para pebulutangkis Indonesia juga mengharumkan nama Indonesia di ajang BWF World Championships 2013 lewat kemenangan dua wakilnya yaitu Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.
 
Berbagai gelar bergengsi kelas super series dan super series premier juga berhasil diraih pemain-pemain Indonesia sepanjang tahun 2013. Diantaranya gelar All England Super Series Premier dari Tontowi/Liliyana, serta gelar BWF Super Series Finals dari Hendra/Ahsan.
 
Tak hanya di level senior, di level junior pun Indonesia berhasil mencetak prestasi yang cukup baik. Untuk pertama kalinya tim junior Indonesia berhasil melaju ke babak final beregu BWF World Junior Championships 2013 di Bangkok, Thailand. Tim junior Indonesia meraih medali perak setelah dikalahkan tim Korea.
 
Di nomor perorangan, pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Masita Mahmudin menyumbangkan medali perak pada ajang paling bergengsi di kelas usia U-19 tersebut. Di nomor tunggal putra, Ihsan Maulana Mustofa membawa pulang medali perunggu. (*)