(All England 2014) WNI di Inggris Setia Dukung Pebulutangkis Indonesia

 

(Birmingham, 6/3/2014)
Bertanding di negeri orang tak lantas membuat pemain Indonesia sepi dukungan. Seperti yang terjadi di turnamen bergengsi All England Open Super Series Premier 2014 di Birmingham. Sejak babak kualifikasi, para WNI yang tinggal di Inggris sudah berdatangan ke stadion National Indoor Arena untuk mendukung tim Merah-Putih.
 
Salah satunya adalah Ade Sudaya dan Rosi Meilani, WNI yang sudah tujuh tahun menetap di daerah Worcester, sekitar 45 menit dari Birmingham. Menonton pertandingan All England sudah menjadi agenda tahunan mereka, keduanya adalah pecinta bulutangkis yang memang menjadi olahraga andalan Indonesia.
 
“Kebetulan saya mendapat tiket gratis untuk babak kualifikasi dari hasil undian di klub bulutangkis tempat saya bermain di West Mercia Badminton Club. Tetapi saya berencana untuk menonton terus sampai babak final,” kata Ade yang dijumpai di stadion National Indoor Arena.
 
“Saya dengar tiketnya sudah banyak terjual, apalagi babak semifinal dan final. Bahkan teman saya sudah membeli tiketnya dari Desember tahun lalu,” tambah Rosi.
 
Meskipun masih babak-babak awal, namun stadion memang sudah dipenuhi para penonton. Harga tiket pertandingan bergengsi ini dibanderol mulai Rp. 280 ribu di babak awal hingga Rp. 772 ribu di babak final.
 
Meskipun harga tiket tak bisa dibilang murah, namun hal ini tak mengurangi minat masyarakat untuk menjadi saksi sejarah di pertandingan paling tua di dunia ini. Di babak kualifikasi, bahkan tempat duduk kelas premium sudah terlihat dipadati penonton, termasuk para pendukung Indonesia yang lengkap dengan atribut bendera Merah-Putih.
 
“Biasanya hanya melihat mereka di televisi, sekarang bisa melihat langsung, tentunya senang sekali. Apalagi jarang-jarang pemain Indonesia bertanding di sini, jadi kami memanfaatkan momen All England untuk mendukung atlet-atlet Indonesia,” kata Rosi.
 
“Pemain favorit saya adalah Mohammad Ahsan karena orangnya kalem dan dia menjadi pasangan nomor satu dunia bersama Hendra Setiawan. Saya berharap semoga Hendra/Ahsan bisa meraih gelar juara di All England 2014,” tambahnya.
 
Selain itu, dukungan bagi pebulutangkis Indonesia juga tiap tahun datang dari kelompok Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) serta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Inggris.