(Asia Junior Championships 2014) Rian/Ulfa, Andalan Baru di Ganda Campuran

(Taipei, 22/2/2014)
Pasangan Muhammad Rian Ardianto/Zakia Ulfa menjadi kekuatan baru di sektor ganda campuran junior Indonesia. Awalnya tak diunggulkan, Rian/Ulfa tampil cukup baik di ajang Asia Junior Championships 2014 dengan menembus semifinal nomor perseorangan.

Rian/Ulfa belum berhasil menembus final AJC 2014 setelah dihentikan unggulan kedua dari Korea, Kim Jung Ho/Kong Hee Yong, 17-21, 21-15, 5-21. Namun dalam perjalanan ke semifinal, Rian/Ulfa sukses menaklukkan unggulan keempat dari Malaysia, Chue Khek Wei/Peck Yen Wei, 21-11, 21-14. Mereka juga menghentikan perlawanan wakil China, He Jiting/Du Yue, 21-11, 23-21.
a
Tak heran jika keduanya berpeluang besar untuk masuk tim World Junior Championships 2014 yang akan digelar di Malaysia, April mendatang. Hal ini disampaikan Enroe Suryanto, pelatih ganda campuran tim AJC 2014.

“Rian dan Ulfa secara individu sudah punya kualitas, ketika disatukan sebagai pasangan, mereka cocok, tipenya masuk. Pasangan ini punya mental bertanding yang bagus, penempatan bola mereka juga menyulitkan lawan,” ujar Enroe kepada Badmintonindonesia.org.

"Sayang, Rian/Ulfa masih kurang di finisihing. Jadi di poin-poin kritis masih belum bisa menyelesaikan permainan. "Inilah yang mesti dibenahi sebulan jelang ke World Junior Championships 2014. Serangan-serangan mereka juga belum ada, harus dipertajam,” tambah Enroe.

Indonesia mengirim empat wakil ganda campuran ke AJC 2014. Mereka adalah Rafiddias Akhdan Nugroho/Nisak Puji Lestari, Reinard Dhanriano/Rika Rositawati, dan Tedi Supriadi/Apriani Rahayu. Namun ketiga pasangan ini belum dapat tampil maksimal. (*)