(Asia Junior Championships 2014) Singkirkan Pasangan China, Rian/Ulfa ke Semifinal

(Taipei, 21/2/2014)
Pasangan ganda campuran Muhammad Rian Ardianto/Zakia Ulfa berhasil melaju ke babak semifinal Asia Junior Championships 2014 setelah menyingkirkan wakil China, He Jiting/Du Yue, 21-16, 21-9.

Meskipun hanya beberapa kali latihan bersama, Rian/Ulfa bisa tampil kompak dan saling menutupi kekurangan masing-masing.

"Saya mencoba untuk mengungguli permainan depan, jadi Rian tinggal menyerang dari belakang. Saran dari pelatih memang seperti ini, unggul di depan dan jangan sampai tertekan," kata Ulfa kepada Badmintonindonesia.org.

"Kami mengubah strategi di game kedua dengan memaksa lawan untuk mengangkat bola. Lawan kesulitan dengan permainan ini, makanya skor bisa jauh bedanya, tidak seperti di game pertama," tambah Rian.

Tak seperti Ulfa yang sudah sering bermain di nomor ganda campuran, Rian selama ini lebih fokus di ganda putra. Melihat hasil yang cukup lumayan di turnamen ini, Rian mengatakan bahwa dirinya tertarik untuk bermain rangkap.

"Saya jarang sekali main ganda campuran. Sebelum masuk pelatnas hanya beberapa kali saja main rangkap. Kalau pelatih mengizinkan, saya mau saja sih bermain rangkap," tutur Rian.

Dengan menembus babak semifinal, Rian/Ulfa memenuhi target pertama mereka. Rian/Ulfa sementara menjadi wakil Indonesia pertama yang lolos ke babak semifinal. Dua wakil tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie harus terhenti di babak perempat final.

Masih ada empat wakil lagi yang akan bertanding yaitu Clinton Hendrik Kudamasa/Muhammad Rian Ardianto dan Althof Baariq/Reinard Dhanriano (ganda putra) serta Nisak Puji Lestari/Rika Rositawati, dan Jauza Fadhila Sugiarto/Apriani Rahayu (ganda putri). (*)