(Asia Junior Championships 2014) Tim Junior Ditargetkan Tembus Semifinal Beregu

(Jakarta, 29/1/2014)
Tim Asia Junior Championships 2014 telah terbentuk. Sebanyak 21 pemain-pemain U-19 binaan Pelatnas Cipayung dan sejumlah klub di Indonesia akan berjuang di AJC yang akan dilangsungkan di Taipei, 16-23 Februari.

Indonesia punya target merebut tiket babak semifinal di nomor beregu. Sama seperti yang diraih tim junior Indonesia pada AJC 2013. Sementara itu di nomor perseorangan, Jonatan Christie menjadi andalan Indonesia untuk membawa pulang gelar juara tunggal putra. Begitu juga pasangan ganda putra Clinton Hendrik Kudamasa/Muhammad Rian Ardianto.

“Di beregu, targetnya minimal mempertahankan apa yang sudah diraih tahun lalu yaitu semifinal. Kalau di perseorangan, ada peluang di nomor tunggal putra dan ganda putra,” ucap Lius Pongoh, Manajer Tim Indonesia.

“Kalau melihat materi pemain, tim kita tahun lalu memang lebih kuat. Tahun lalu diperkuat Rosyita Eka Putri Sari, Ihsan Maulana Mustofa, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan sebagainya. Jadi, target awalnya at least sama dulu dengan tahun lalu,” tambah Lius.

Jika melihat komposisi pemain, banyak atlet-atlet muda yang masuk tim inti. Seperti Gregoria Mariska dan Jauza Fadhila Sugiarto yang merupakan pemain kelahiran tahun 1999.

“Sudah tidak ada lagi pemain-pemain dengan kelahiran tahun 1996 yang memenuhi kriteria untuk masuk tim inti AJC, jadi kami turunkan yang masih muda. Walaupun levelnya masih jauh, tetapi setidaknya turnamen ini bisa dijadikan batu loncatan, kesempatan pemain-pemain muda ini masih panjang,” jelasnya.

Lius menambahkan bahwa ajang ini seharusnya dapat dimanfaatkan para pemain muda untuk menimba pengalaman sebanyak-banyaknya serta mempersiapkan diri untuk kejuaraan yang sama di tahun-tahun mendatang. (*)