PBSI Segera Umumkan Promosi dan Degradasi 2013

(Jakarta, 29/12/2013)
Sudah menjadi agenda tahunan bagi Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) untuk mengumumkan daftar promosi dan degradasi pemain dan pelatih penghuni Pelatnas Cipayung.
 
Menutup tahun 2013 dan mengawali tahun 2014, PBSI telah menyusun daftar promosi dan degradasi yang akan diumumkan Senin (30/12). Hal ini disampaikan langsung oleh Yuni Kartika, Kepala Sub Bidang Humas dan Sosial Media PP PBSI.
 
“Sesuai dengan janji PBSI sebelumnya, promosi dan degradasi akan diumumkan pada akhir tahun yaitu besok (Senin, 30/12) di Pelatnas Cipayung. Pengumuman dilakukan langsung oleh Kabid Binpres Rexy Mainaky, Ricky Soebagdja (Kasubid Pelatnas), serta Achmad Budiharto (Wasekjen),” kata Yuni.
 
Daftar promosi dan degradasi berisi nama-nama pemain yang akan dipanggil kembali untuk bergabung ke Pelatnas Cipayung, serta pemain yang akan dipulangkan ke klub asal masing-masing.
 
Selain itu, akan ada beberapa pemain muda dari sejumlah klub yang juga akan dipanggil untuk dibina di pelatnas. Tak hanya itu, PBSI juga akan mengumumkan perubahan susunan tim pelatih di Pelatnas Cipayung pada tiap sektor.
 
“PBSI telah menetapkan milestones untuk tahun 2014. Melihat kebutuhan PBSI untuk mencapai milestones inilah yang menjadi dasar pemanggilan dan pemulangan pemain pelatnas. Selain itu, prestasi atlet selama tahun 2013 juga menjadi dasar penilaian untuk promosi dan degradasi,” ujar Yuni yang merupakan mantan pemain nasional era 90-an.
 
Berbeda dengan tahun sebelumnya, komposisi pemain pelatnas mulai 2014 akan dibagi menjadi kategori prestasi dan potensi. Seperti telah diungkapkan oleh Rexy sebelumnya, total pemain penghuni pelatnas juga akan mengalami penyusutan dari jumlah saat ini yang mencapai 83 pemain.
 
“Tiap sektor terdiri dari kategori prestasi dan kategori potensi yang dipimpin seorang kepala pelatih. Hal ini bertujuan agar prestasi dan pencapaian milestones dapat dipertanggungjawabkan dengan baik,” tambah Yuni.
 
Selain pengumuman promosi dan degradasi, PBSI juga akan memaparkan target-target utama yang dibidik pada tahun 2014 serta evaluasi terkait raihan prestasi di tahun 2013. (*)