(Junior Master 2013) Peserta Siap Jalani Test Fisik

(Jakarta, 19/12/2013)
Selesai menjalani pertandingan penentuan ranking pada ajang Junior Master U-17 dan U-19 2013, para peserta akan menghadapi tes fisik yang akan berlangsung Jumat (20/12) mulai pukul 08.00 WIB di Pelatnas Cipayung.

Tes fisik terdiri dari skipping rope, beep test, court agility, vertical jump, dan standing broad jump.

Tes fisik memiliki bobot sebanyak 30 persen dari total penilaian potensi atlet. Sementara hasil ranking dari pertandingan memiliki porsi 60 persen, sedangkan 10 persen lagi berasal dari penilaian tim panelis/tim pemandu bakat.

"Hasil pertandingan bobotnya paling besar karena menyangkut penilaian teknik dan kemampuan dalam bermain bulutangkis. Tapi kalau di pertandingan ranking paling tinggi sementara fisiknya jelek, bisa saja poin si atlet berkurang di nilai akhirnya," kata Basri Yusuf, Kabid Pengembangan PP PBSI.

Selain itu, tim keabsahan juga akan melakukan pengecekan informasi data kelahiran atlet yang akan digunakan sebagai penentuan kelompok usia dalam pertandingan atlet yang bersangkutan.

"Tim panelis atau tim pemandu bakat akan melakukan penilaian kepada setiap atlet. Penilaian pelatih-pelatih tak hanya soal teknik, tapi juga postur tubuh atlet, attitude, dan sebagainya," ungkap Basri.

Tim panelis ditunjuk langsung oleh PBSI. Sebanyak lima pelatih Pelatnas Cipayung yaitu Imam Tohari, Marlev Mainaky, Sarwendah Kusumawardhani, Chafidz Yusuf, serta Nova Widianto melakukan penilaian langsung dan memantau jalannya pertandingan.

"Sejauh ini peserta banyak yang bagus, tetapi belum ada yang istimewa sekali. Teknik dan pukulannya masih polos. Meskipun demikian, sudah ada beberapa yang kami lihat berpotensi," tutur Chafidz yang dijumpai di Pelatnas Cipayung. (*)