(SEA Games Myanmar 2013) Ganda Campuran Berharap Ciptakan All Indonesian Final

(Jakarta, 5/12/2013)
Muhammad Rijal/Debby Susanto dan Riky Widianto/Richi Puspita Dili dipercaya untuk memperkuat nomor ganda campuran pada ajang SEA Games Myanmar 2013 di Nay Pyi Taw.

Kepala Pelatih Ganda Campuran PBSI Richard Mainaky, bahkan berharap anak-anak didiknya tersebut mampu memastikan perolehan medali emas lewat partai all Indonesian final. Tentunya suatu kebanggaan buat tim ganda campuran untuk bisa mempertahankan tradisi emas yang diraih Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pada SEA Games 2011 di Jakarta.

"Saya mengharapkan ganda campuran bisa all Indonesian final. Lawan-lawan berbahaya dari Thailand dan Malaysia akan absen di SEA Games karena mengikuti BWF Super Series Finals," ujar Richard yang ditemui di Pelatnas Cipayung.

Jadwal penyelenggaraan SEA Games Myanmar 2013 yang bersamaan dengan BWF Super Series Finals 2013 membuat Indonesia dan beberapa negara lain tak dapat mengirimkan pasukan bulutangkis terkuat ke pesta olahraga se Asia Tenggara tersebut. Tak hanya Tontowi/Liliyana yang merupakan ganda campuran terkuat kedua dunia, pasangan ranking enam dunia asal Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam juga absen. Begitu pun pasangan andalan Malaysia yang menduduki peringkat delapan dunia, Chan Peng Soon/Liu Ying Goh yang wajib hadir di BWF Super Series Finals 2013.

Meskipun sempat mengalami penurunan prestasi dan ‘dicerai’, Richard menganggap pasangan Rijal/Debby masih bisa diandalkan untuk mendulang emas. Bagi Rijal/Debby, ini adalah SEA Games kedua setelah dua tahun lalu di kandang sendiri, keduanya meraih medali perunggu.

"Kalau melihat kelas dan pengalaman mereka, seharusnya Rijal/Debby bisa meraih medali emas. Sementara buat Riky/Richi, walau baru pertama ikut SEA Games, tapi saya yakin mereka juga bisa memberikan yang terbaik. Apalagi sekarang ganda campuran mulai mencari pasangan yang bisa melapisi Tontowi/Liliyana," imbuh Richard.

SEA Games Myanmar 2013 tinggal menghitung hari. Tanggal 7 Desember  mendatang, skuat bulutangkis akan bertolak ke Nay Pyi Taw untuk bersiap menghadapi pertandingan di Wunna Theikdi Indoor Stadium, 10-14 Desember 2013. (*)