(Vietnam Grand Prix 2013) Febe : Saya Pede Bertemu Pemain China

 
 
(Jakarta, 4/12/2013)
Terkenal akan dominasinya, pemain-pemain negeri Tirai Bambu ini biasanya menjadi momok menakutkan bagi sejumlah pebulutangkis. Namun hal berbeda justru dirasakan Maria Febe Kusumastuti yang justru mengaku lebih percaya diri menghadapi pemain-pemain dari Negeri Tirai Bambu tersebut.
 
Seperti yang terjadi di babak pertama turnamen Vietnam Open Grand Prix 2013 di Ho Chin Minh, Rabu (4/12), Febe berhasil menang straight game atas Fan Mengyan, 21-18, 21-16.
 
“Saya bermain dengan sabar dan kalau lawan pemain China saya memang lebih percaya diri. Kebanyakan pemain China punya tipe permainan serang, jadi cocok dengan saya yang tipe permainannya defense balik serang yang juga cenderung ke reli,” ungkap Febe kepada Badmintonindonesia.org.
 
“Lawan saya masih belum matang permainannya, belum sekuat pemain-pemain top China dan pelapisnya. Jika dibanding Fan, saya masih menang dari segi pengalaman,” jelasnya ketika ditanya soal lawan.
 
Di babak kedua, Febe akan ditantang oleh Cheng Shao Chieh, runner up BWF World Championships 2011 di London. Dua kali bertemu, Febe belum dapat menaklukkan pemain asal Taiwan tersebut.
 
“Sudah pernah bertemu Cheng, tapi belum pernah menang. Tipe permainan dia sama seperti saya, jadi lebih sulit karena sama-sama tahu polanya, jadi saya harus mati-matian di lapangan,” pungkas Febe.
 
Mengikuti jejak Febe, Hera Desi Ana Rachmawati juga melaju ke babak kedua dengan mengalahkan wakil Malaysia, Lim Chiew Sien, 21-12, 21-12.
 
Sementara itu, Febby Angguni yang diunggulkan di tempat pertama, harus angkat koper lebih awal. Juara Kharkov dan Belgian International Challenge 2013 ini harus mengakui keunggulan Pai Yu Po (Taiwan), 19-21, 21-19, 6-21.
 
Maziyyah Nadhir juga tak kuasa menahan laju pemain muda China, he Bing Jiao, 8-21, 17-21. Begitu pun Ana Rovita yang juga takluk di tangan pemain junior China, Qin Jinjing, 14-21, 19-21.
 
“Saya kehilangan konsentrasi di game ketiga, jadi dengan mudahnya melakukan kesalahan-kesalahan sendiri. Serangan-serangan lawan juga menyulitkan saya, dia juga bisa mengembangkan permainannya,” kata Febby.
 
Hasil sementara babak pertama Vietnam Open Grand Prix 2013 dapat diakses di sini.