Rexy Mainaky : Ikut Atau Tidak Ikut Piala Uber, Pemain yang Menentukan

(Jakarta, 2/12/2013)
Keikutsertaan tim putri Indonesia di ajang Piala Uber 2014 terus menjadi pembahasan hangat di kalangan pecinta bulutangkis Tanah Air. Beberapa waktu lalu, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Rexy Mainaky menyebutkan kalau PBSI tak akan mengirim wakil ke perebutan supremasi dunia tersebut.
 
“Keikutsertaan di Piala Uber 2014 tergantung dari pemain sendiri. Karena sudah tidak ada kualifikasi zona, maka rankinglah yang menentukan. Kalau negara kita layak untuk ikut Piala Uber 2014, ya akan dikirim. Istilahnya, ini adalah shock therapy untuk para pemain, supaya mereka sadar bahwa ini bukan Binpres atau pengurus yang menentukan, tetapi pemain,” kata Rexy ketika ditanya komentarnya soal pengiriman tim Piala Uber.
 
Seperti diutarakan Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan, Indonesia akan berpartisipasi dalam bidding untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Thomas dan Piala Uber 2016 mendatang. Pertimbangan ini pula lah yang membuat PBSI semakin berharap dapat mengirim para srikandi Indonesia berlaga di Piala Uber 2014.
 
“Indonesia akan melakukan bidding untuk Piala Thomas dan Uber 2016. Ini menjadi salah satu pertimbangan juga kenapa kita harus bisa ambil bagian di Piala Uber 2014. Kami akan mengutamakan pemain-pemain untuk mewakili Indonesia di Piala Uber 2014, karena kami ingin pemain-pemain muda yang tampil di Piala Uber 2016,” tambah Rexy.
 
“Saat ini tim kami berada di ranking lima, dan sudah ada usaha untuk meningkatkan ranking. Contohnya kami mengirimkan pemain-pemain ke turnamen seperti Hong Kong Open Super Series 2013, tetapi hasilnya pun belum maksimal,” imbuh pria asal Ternate, Maluku.
 
Putri-putri Indonesia masih memiliki waktu untuk berburu poin demi mengamankan satu tempat di putaran final Piala Uber 2014. Piala Thomas dan Uber 2014 akan dilangsungkan di New Delhi, India, pada 18-25 Mei 2014. Sementara pada Piala Thomas dan Uber 2012 di Wuhan, China, baik tim putra maupun putri harus terhenti di babak perempat final setelah dikalahkan tim Jepang. (*)