(Malaysia International Challenge 2013) Indonesia Borong Dua Gelar dari Malaysia

(Jakarta, 17/11/2013)
Pemain bulutangkis Indonesia kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancah internasional. Selain kemenangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di China Open Super Series Premier 2013, Indonesia juga memborong dua gelar dari ajang Malaysia International Challenge 2013 di Kuching, Sarawak.

Gelar pertama datang dari ganda campuran Alfian Eko Prasetya/Shendy Puspa Irawati. Unggulan ketiga ini sukses menaklukkan ganda Taiwan, Wang Chi-Lin/Wu Ti Jung, dalam dua game langsung, 21-15, 21-16.

"Kunci kemenangan kami adalah fokus di lapangan. Sebetulnya hari ini kami bermain lebih santai, karena lawan terberat sebetulnya justru di semifinal. Di final, kami hanya ingin memberikan hasil yang terbaik," ucap Shendy.

Alfian yang bermain rangkap di nomor ganda putra bersama Selvanus Geh, kembali merebut gelar juara setelah memupuskan harapan tuan rumah, Chooi Kah Ming/Teo Ee Yi, 21-15, 21-13.

"Kami bisa bermain lepas dan tenang, meskipun melawan wakil tuan rumah. Saya sendiri sudah yakin menang, karena sebelumnya pernah bertemu pasangan Malaysia ini," kata Selvanus ketika dihubungi Badmintonindonesia.org.

Dua gelar dari turnamen ini lebih baik dari hasil yang dicapai tahun lalu. Di Malaysia International Challenge 2012, Indonesia hanya meraih satu gelar lewat Wisnu Yuli Prasetyo di nomor tunggal putra.

Kali ini, sektor tunggal putra menempatkan Rifan Fauzin Ivanudin sebagai runner up.

"Cukup bagus jika dibandingkan tahun lalu, di mana kita hanya dapat satu gelar. Sebetulnya kali ini tidak mudah juga, karena adanya pemain back up dari Malaysia yang diturunkan semua di kejuaraan ini. Semoga hasil ini bisa menambah kepercayaan diri atlet muda di turnamen selanjutnya," ujar Chafidz Yusuf, Asisten Pelatih Ganda Putra PBSI yang dihubungi di Kuching.

"Untuk sektor tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putri, penampilan mereka sebenarnya cukup bagus, tapi perlu ditingkatkan lagi power-nya," tambahnya.

Dengan menyabet dua gelar, maka Indonesia berhasil meraih gelar terbanyak di turnamen ini. Berikut hasil lengkap babak final Malaysia International Challenge 2013:

Tunggal Putra
Muhammad Arif Abdul Latif (2/MAS) vs Rifan Fauzin Ivanudin (INA) 21-12, 21-13

Tunggal Putri
Hsu Ya Ching (3/TPE) vs Pai Yu Po (TPE) 21-6, 21-13

Ganda Putra
Selvanus Geh/Alfian Eko Prasetya (7/INA) vs Chooi Kah Ming/Teo Ee Yi (MAS) 21-15, 21-13

Ganda Putri
Kugo Asumi/Yui Miyauchi (JPN) vs Amelia Alicia Anscelly/Soong Fie Cho (1/MAS) 21-17, 21-14

Ganda Campuran
Alfian Eko Prasetya/Shendy Puspa Irawati (3/INA) vs Wang Chi-Lin/Wu Ti Jung (TPE) 21-15, 21-16