(BWF World Junior Championships 2013) Dua Wakil Merah-Putih di Semifinal

(Bangkok, 1/11/2013)
Sebanyak dua wakil Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal BWF World Junior Championships 2013 di Bangkok. Pasangan ganda campuran Kevin Sanjaya Sukamuljo/Masita Mahmudin menjadi wakil pertama yang lolos setelah mengalahkan wakil tuan rumah, Kittiphon Chairojkanjana/Narissapat Lam, 21-12, 21-6.
 
Ihsan Maulana Mustofa kemudian menyusul sukses Kevin/Masita, juga dengan mengalahkan pemain Thailand, Pannawit Thongnuam dengan permainan straight game, 21-10, 21-8.
 
Sayangnya pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Arya Maulana Aldiartama harus terhenti di perempat final dari pasangan China, Huang Kaixiang/Zheng Si Wei lewat pertarungan sengit yang menegangkan, 21-23, 22-24. Kevin/Arya yang diunggulkan di tempat kedua, merupakan andalan Indonesia untuk meraih gelar juara.
 
“Lawan memang tampil lebih bagus dari kami, kami sudah mengeluarkan kemampuan maksimal,” ujar Kevin singkat.
 
“Hari ini Kevin/Arya bisa dibilang kurang beruntung, sudah unggul tapi bisa kesusul lawan. Menurut saya, Arya/Kevin sudah tampil cukup bagus,” tambah Sigit Budiarto, Pelatih Ganda Putra tim WJC 2013.
 
Jonatan Christie dan Hanna Ramadini juga gagal mengamankan tiket semifinal di nomor tunggal putra dan tunggal putri. Jonatan dikalahkan secara dramatis oleh Zhao Jun Peng asal China, 20-22, 18-21. Sementara Hanna harus mengakui kenggulan unggulan kedua dari Thailand, Busanan Ongbumrungpan, 10-21, 8-21. Pasangan ganda putri Rosyita Eka Putri Sari/Setyana Mapasa juga gagal menahan laju ganda putri Thailand, Puttita Supajirakul/Narissapat Lam, 16-21, 21-10, 13-21.
 
Pada laga perebutan tiket final, Kevin/Masita sudah ditunggu unggulan kedua dari China, Liu Yuchen/Huang Dongping. Sementara Ihsan ditantang Heo Kwang Hee dari Korea.
 
“Peluang Kevin/Masita tetap terbuka, asalkan mereka bermain seperti di babak perempat final. Lawan pasangan unggulan dari China ini memang tidak mudah, yang paling penting konsentrasi mereka tidak boleh kendur,” ujar Rudi Gunawan, Pelatih Ganda Campuran tim WJC 2013.
 
Partai semifinal akan dilangsungkan besok, Sabtu (2/10/2013) mulai pukul 12.00 waktu setempat. Kevin/Masita akan bermain di urutan pertama, sementara Ihsan di urutan ketiga. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di www.tournamentsoftware.com