(BWF World Junior Championships 2013) Singkirkan Wakil China, Jonatan Ditantang Unggulan Kedua

(Bangkok, 30/10/2013)
Jonatan Christie berhasil melewati ujian kedua pada ajang BWF World Junior Championships 2013. Dalam pertandingan di Stadion Huamark, Bangkok, pemain tunggal putra asal klub Tangkas Specs ini melaju ke babak ketiga usai mengalahkan wakil China, Sun Feixiang, 21-11, 10-21, 21-18.

Pertandingan berlangsung sangat menegangkan, terutama di game ketiga. Jonatan yang sudah ketinggalan 11-16, perlahan tapi pasti mampu mengumpulkan poin dan menyamakan kedudukan menjadi 17-17.

"Karena menang mudah di game pertama, permainan saya kendur di game kedua. Lawan jadi makin percaya diri. Sebaliknya waktu game ketiga saya bisa menyamakan kedudukan dan menyalip skor, dia yang jadi kehilangan rasa percaya diri dan saya pun menang," kata Jonanatan usai pertandingan.

Di babak selanjutnya, Jonatan sudah ditunggu Thammasin Sitthikom, unggulan kedua sekaligus tunggal putra andalan tuan rumah.

"Peluang Jonatan cukup terbuka. Penampilan Jonatan di pertandingan beregu cukup bagus, dia bisa mengalahkan Soo Teck Zhi yang Juara Asia Junior 2013 dan Shi Yuqi yang merupakan tunggal putra andalan China. Dari sini kelihatan level Jonatan ada di mana. Sitthikom memang sering buat kejutan, tapi kadang di level junior hasilnya bisa lain. Mungkin juga dia dibebankan sebagai pemain tuan rumah," jelas Imam Tohari, sang pelatih.

"Kami belum pernah bertemu. Mudah-mudahan saya bisa bermain lebih sabar di lapangan, soalnya lawan adalah pemain yang sabar. Kemungkinan saya juga akan mempercepat ritme permainan," imbuh Jonatan yang biasa disapa Jo ini.

Sementara itu, Ihsan Maulana Mustofa melewati babak kedua dengan relatif mudah dengan mengalahkan Phomolo Leoke (Botswana), 21-3, 21-4. Begitu juga Muhammad Bayu Pangisthu yang menang dua game langsung atas Cheam June Wei (Malaysia) 21-17, 21-15.

Sayangnya Fikri Ihsandi Hadmadi harus terhenti di babak kedua, setelah dikalahkan Lim Chi Wing (Malaysia), 19-21, 18-21.

Hasil sementara babak kedua BWF World Junior Championships 2013 dapat diakses di www.tournamentsoftware.com