(BWF World Junior Championships 2013) Menegangkan, Fikri Lolos ke Babak Kedua

(Bangkok, 29/10/2013)

Lewat perjuangan tiga game, Fikri Ihsandi Hadmadi akhirnya memastikan diri lolos ke babak kedua nomor perseorangan ajang BWF World Junior Championships 2013 di Stadion Huamark, Bangkok. Fikri menaklukkan Lee Cheuk Yiu (Hong Kong), 15-21, 21-14, 21-18.

Pada game pertama, Fikri tak dapat tampil maksimal akibat kecolongan start lawan. Ia tertinggal jauh hingga kedudukan 3-12. Fikri sempat mengejar dan memperkecil ketertinggalan menjadi 13-17. Namun ia tak berhasil mengamankan game pertama.

"Fikri masih belum panas di game pertama. Banyak penempatan bola yang tanggung. Fikri juga banyak mengangkat bola, sementara lawan smash-nya bagus," kata Imam Tohari, sang pelatih.

Penampilan Fikri berubah drastis di game kedua dan ketiga. Pemain asal klub Tangkas Specs ini pun mulai bermain lihai di depan net dan pertahanannya pun lebih rapat, hingga Lee yang merupakan tipe pemain menyerang, dibuat cukup kewalahan.

"Lee ini tipe pemain serang, jadi saya instruksikan pada Fikri untuk perkuat pertahanannya dan unggul di permainan depan," tambah Imam.

"Sebagai evaluasi untuk saya di pertandingan selanjutnya, saya tidak boleh kecolongan start lagi, harus lebih siap dari awal. Saya juga harus cepat connect, di mana kelebihan dan kelemahan lawan, jadi bisa cepat ambil langkah," imbuh Fikri.

Seluruh wakil tunggal putra Indonesia berhasil melewati babak pertama. Sebelumnya, Muhammad Bayu Pangisthu dan Jonatan Christie juga lolos. Sementara Ihsan Maulana Mustofa mendapat bye dan langsung bertanding di babak kedua.

Bayu berhasil mengalahkan wakil Rusia, Andrey Dolotov, 21-6, 21-17. Sementara Jonatan tak menemukan kesulitan berarti saat menundukkan Kamod Rashmitha Halambage (Sri Lanka) dengan skor telak 21-7, 21-11.

"Pada game kedua, saya tidak bisa menguasai keadaan lapangan yang anginnya tidak beraturan. Jadi fokusnya terbagi antara ke permainan dan masalah angin. Selain itu di game kedua saya banyak memberi bola-bola tanggung, jadi posisi lawan enak untuk menyerang," jelas Bayu ketika ditanya soal penampilannya di game kedua.

Hasil sementara babak pertama BWF World Junior Championships 2013 dapat diakses di www.tournamentsoftware.com.