(BWF World Junior Championships 2013) Ganda Putri Belum Temukan Hambatan Berarti

(Bangkok, 29/10/2013)

Rosyita Eka Putri Sari/Setyana Mapasa menjadi pasangan ganda putri Indonesia ketiga yang lolos ke babak kedua nomor perseorangan ajang BWF World Junior Championships 2013. Ganda putri andalan Indonesia ini melaju usai menyingkirkan Lara Kaepplein/Jennifer Karnott (Jerman), dengan permainan straight game, 21-11, 21-15.
 
Sebelumnya, dua pasangan ganda putri lainnya yaitu Della Augustia Surya/Febriani Endar Kusumawati dan Uswatun Khasanah/Masita Mahmudin lebih dulu mengamankan tempat di babak kedua. 
 
Della/Febriani mematahkan perlawanan pasangan Malaysia, Goh Yea Ching/Wei Peck Yean, 21-16, 21-16. Sementara Uswatun/Masita juga menang dua game langsung atas Heather Macpherson/Julie Macpherson (Skotlandia), 21-6, 21-15. 
 
"Rosyita/Setyana hari ini bermain lebih baik dibanding penampilan di final beregu melawan ganda putri Korea. Mereka sudah bisa berkomunikasi dengan baik di lapangan dan belajar dari kesalahan sebelumnya," kata Rudi Gunawan, Pelatih Ganda Putri tim WJC 2013. 
 
"Febriani/Della ternyata bisa menang straight game dari ganda Malaysia. Dari awal saya bilang ke mereka untuk percaya diri, jangan takut walaupun permainan lawan cukup lumayan," tambahnya.
 
Akan tetapi menurut Rudi, penampilan tim ganda putri belum dapat dinilai sepenuhnya karena lawan-lawan yang dihadapi belum seimbang. 
 
"Hasil hari ini belum bisa dijadikan tolak ukur penampilan tim ganda putri, karena kita masih satu kelas di atas lawan-lawan hari ini. Mungkin di babak kedua dan seterusnya baru kelihatan karena lawan-lawannya sudah setara," jelas Rudi.
 
Dengan hasil ini, maka Indonesia sementara sudah menempatkan 10 wakil di babak kedua. Masih ada kesempatan untuk menambah dua wakil lagi lewat nomor ganda putra. Pasangan Fajar Alfian/Yantoni Edy Saputra dan Alwi Mahardika/Felix Eka Saputra baru akan melakoni babak kedua pada Rabu (30/10). 
 
Hasil lengkap babak pertama BWF World Junior Championships 2013 dapat dilihat di www.tournamentsoftware.com