(BWF World Junior Championships 2013) Nikmati Permainan, Rahasia Jonatan Christie Tumbangkan Pemain Junior Terkuat Dunia

(Bangkok, 25/10/2013)
Jonatan Christie menjadi pembuka kemenangan tim Indonesia pada laga melawan Malaysia di babak perempat final nomor beregu BWF World Junior Championships 2013. Pemain kelahiran Jakarta, 15 September 1997 ini menyumbangkan poin pertama bagi Indonesia setelah timnya tertinggal 0-1.

Malaysia merebut poin pertama dari pasangan ganda campuran, Ong Yew Sin/Yap Cheng Wen yang mengalahkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Masita Mahmudin, 10-21, 21-19, 21-19.

Tim Negeri Jiran sebetulnya berpeluang besar untuk mencuri angka di partai tunggal putra lewat Soo Teck Zhi yang merupakan pemain ranking nomor satu dunia junior sekaligus Juara Asia Junior Championships 2013. Akan tetapi, tanpa disangka-sangka, Jonatan mampu mematahkan perlawanan Teck Zhi dalam dua game langsung, sekaligus menyumbangkan angka pertama bagi Indonesia.

“Jonatan lebih percaya diri dan yakin, keinginan untuk menangnya besar sekali. Apalagi dia tahu kalau lawannya itu Juara Asia Junior 2013,” kata Imam Tohari, sang pelatih.

“Teck Zhi tidak menampilkan permainan terbaik karena dia belum pernah diturunkan sekalipun di babak sebelumnya. Jadi, Jonatan lebih unggul di penguasaan lapangan. Secara teknis, Jonatan lebih bagus di bola-bola atas dan permainan net,” tambah Imam.

Jonatan sendiri mengaku diuntungkan dengan posisi lawan yang diunggulkan.

"Saya sempat ketinggalan di awal-awal mencoba untuk enjoy saja, mencoba main seenak mungkin di lapangan. Ternyata malah lawan yang terbebani, padahal awalnya dia sempat meremehkan, mungkin karena dia lebih diunggulkan," ujar Jonatan, Juara Prim-A Indonesia International Challenge 2013.

"Saya bisa menjalankan instruksi pelatih yang meminta saya untuk fokus dan jangan terburu-buru," tambahnya.

Jonatan juga mengaku siap jika kembali diturunkan pada laga melawan China di babak semifinal, Sabtu (26/10).