(BWF World Junior Championships 2013) Indonesia Hadapi Malaysia di Perempat Final

(Bangkok, 24/10/2013)
Tim junior Indonesia akan menghadapi Malaysia di babak perempat final beregu BWF World Junior Championships 2013 di Bangkok.
 
Indonesia memastikan diri melaju ke perempat final setelah merajai Grup X1, dengan meraih kemenangan sempurna atas Sri Lanka, Amerika Serikat, dan Perancis masing-masing dengan skor 5-0. Sementara itu, Malaysia juga keluar sebagai juara Grup X2 setelah mengungguli Skotlandia, Filipina, dan Bulgaria, juga dengan skor masing-masing 5-0.
 
Partai perempat final antara Indonesia dan Malaysia diperkirakan berlangsung sengit. Nomor-nomor yang menjadi andalan tim Merah-Putih adalah ganda putra, ganda campuran, serta mencuri satu kemenangan di nomor tunggal putra atau tunggal putri.
 
“Di Asia Junior Championships 2013, tim kami kalah 2-3 dari Malaysia. Namun kali ini kami datang ke WJC 2013 dengan kekuatan baru. Kami akan mengandalkan tiga sektor yaitu ganda putra, ganda campuran dan tunggal putra atau tunggal putri. Tetapi ganda putri juga masih ada peluang,” kata Nusron Wahid, Chef de Mission Tim Indonesia.
 
Hanna Ramadini, pebulutangkis andalan di skuat junior Indonesia, diharapkan mampu memberikan penampilan terbaik jika nanti diturunkan pada laga kontra Malaysia.
 
“Mental bertanding Hanna semakin bagus. Dia juga semakin percaya diri di lapangan. Grafik penampilan Hanna terus meningkat jika dilihat dari penampilan pertamanya di turnamen ini. Kami harap Hanna bisa lebih baik lagi di pertandingan selanjutnya,” imbuh Nusron.
 
Sedangkan nomor tunggal putra akan mendapat tantangan berat dari wakil Malaysia. Tim Negeri Jiran diperkuat dua pemain top 10 di peringkat dunia junior, yaitu Soo Teck Zhi (1) dan Soong Joo Ven (8). Soo adalah juara tunggal putra Asia Junior Championships 2013 di Sabah, Malaysia, Juli lalu.
 
“Peluangnya 50:50, kalau saya lihat kekuatan seimbang, tergantung bagaimana strategi di lapangan besok. Kita tinggal menunggu, Malaysia akan menurunkan siapa? Soong Jo Ven atau Soo Teck Zhi,” tutur Imam Tohari, Pelatih Tunggal Putra Indonesia.
 
“Bisa dibilang memang agak berat di tunggal putra, karena Malaysia punya Juara Asia Junior Championships 2013. Tetapi, tidak ada yang tidak mungkin, jadi peluang itu tetap terbuka,” Nusron menambahkan.
 
Laga perempat final beregu BWF World Junior Championships 2013 akan dilangsungkan pada Jumat (25/10), di Stadion Huamark, pada pukul 12.30 waktu setempat. (*)
 
Berikut hasil pertandingan babak penyisihan Grup X1 antara Indonesia melawan Perancis :
 
Ganda Putra
Arya Maulana Aldiartama/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Loic Mittelheisser/Vanmael Heriau 21-17, 13-21, 21-17

Tunggal Putri
Hanna Ramadini vs Delphine Lansac 21-7, 21-15

Tunggal Putra
Jonatan Christie vs Tanguy Citron 21-14, 21-16

Ganda Putri
Rosyita Eka Putri Sari/Setyana Mapasa vs Anne Tran/Stacey Guerin 21-15, 21-9

Ganda Campuran
Rafiddias Akhdan Nugroho/Febriani Endar Kusumawati vs Jordan Corvee/Marie Batomene 21-13, 23-21