Inspirasi Semangat Juara Lewat Gerakan ‘ANGKAT RAKETMU’

(Jakarta, 22/10/2013)
Menyambut momentum peringatan Sumpah Pemuda tahun ini, Coca-Cola Indonesia menghadirkan sebuah gerakan seru yang mengusung tema semangat juara lewat gaya hidup yang aktif, khususnya melalui bulutangkis. Hari Selasa (22/10), Coca-Cola Indonesia berkolaborasi dengan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memperkenalkan gerakan ANGKAT RAKETMU – sebuah upaya bersama untuk menghidupkan kembali semangat nasionalisme dan semangat juara melalui kecintaan pada bulutangkis, sekaligus mengangkat kembali kecintaan dan kejayaan bulutangkis di negeri sendiri.

Peluncuran ANGKAT RAKETMU ditandai dengan pertandingan persahabatan antara Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan bersama President Direktur Coca-Cola Indonesia Martin Gil yang menantang salah satu pasangan legendaris Indonesia Ricky Soebagdja dan Rexy Mainaky di Taman Langsat, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (22/10).

Menariknya, tantangan ini juga berisikan komitmen bersama, dimana setiap tiga poin yang dihasilkan oleh pasangan Gita/Martin akan dijadikan satu lapangan bulutangkis yang akan dibangun oleh Coca-Cola bersama PBSI di taman-taman kota di Jakarta. Hal ini sekaligus untuk menginspirasikan gaya hidup yang sehat dan aktif melalui gerakan bermain bulutangkis, khususnya kepada generasi muda Indonesia.

“Bulutangkis harus bisa dicintai di negeri kita sendiri dan menjadi sumber inspirasi gerakan juara. PBSI menyambut baik sinergi positif yang terjalin antara PBSI dengan Coca-Cola Indonesia. Dengan kelebihan masing-masing pihak, kami berharap PBSI bersama Coca-Cola dapat memberikan inspirasi dan pendorong bagi para atlet kita untuk terus mengobarkan semangat juara dan dalam diri mereka masing-masing dan lebih dari itu semangat juara yang sama akhirnya dapat menginspirasi masyarakat Indonesia untuk lebih mencintai bulutangkis,” ujar Gita.

Gerakan ANGKAT RAKETMU ini merupakan kelanjutan dari komitmen Coca-Cola Indonesia dan PBSI yang diumumkan di awal tahun ini dan akan mencakup empat area program, di antaranya RECRUIT – mendukung pencarian bakat-bakat masa depan; RENEW – menyatukan gairah dan kecintaan masyarakat akan bulutangkis; INSPIRE – menjadikan semangat juara bulutangkis sebagai sebuah inspirasi bagi generasi muda; ACTIVATE – mendorong partisipasi generasi muda Indonesia dalam mendukung bulutangkis Indonesia.

“Bagi Indonesia, bulutangkis bukan hanya sekedar olahraga yang populer di kalangan masyarakat, namun lebih dari itu, bulutangkis telah turut menjadi bagian dari kebanggaan bangsa Indonesia, dan hari ini, Coca-Cola turut bangga dapat ikut serta mendukung upaya untuk menggairahkan kembali semangat juara bulutangkis di Indonesia,” jelas Martin.

Salah satu bentuk nyata dari rangkaian ANGKAT RAKETMU adalah aktivasi bersama komunitas (grassroot), berupa pembangunan lapangan bulutangkis di area pemukiman warga. Tidak hanya lapangan yang baru, lewat gerakan ini, PBSI bersama Coca-Cola juga menghadirkan para atlet nasional dan legenda bulutangkis Indonesia untuk bermain bersama warga dan menginspirasikan semangat juara. Hingga akhir tahun ini, melalui gerakan ANGKAT RAKETMU, Coca-Cola akan membangun dan memfasilitasi setidaknya 10 lapangan bulutangkis di area-area pemukiman di lima kota di Pulau Jawa yakni Banten, Cirebon, Purwokerto, Magelang, dan Malang.

Minggu lalu, program grassroot menyambangi Cirebon, tepatnya di Perumahan Bumi Cirebon Adipura dan Desa Gumelar Asih. Acara ini turut dimeriahkan oleh atlet nasional asal Cirebon yaitu Ricky Karanda Suwardi dan Annisa Saufika, serta legenda bulutangkis Indonesia, Christian Hadinata.

“Saat ini, sebagian besar generasi muda kita sepertinya sudah semakin melupakan bulutangkis, padahal seperti kita tahu, bagi Indonesia bulutangkis bukan hanya sebagai cabang olahraga tapi juga telah