(BWF World Junior Championships 2013) Kevin/Masita Jadi Ujung Tombak di Ganda Campuran

(Jakarta, 12/10/2013)
Baru dipasangkan pada Juli 2013, pasangan ganda campuran Kevin Sanjaya Sukamuljo/Masita Mahmudin sudah unjuk gigi. Mereka menjadi ujung tombak Indonesia pada BWF World Junior Championships 2013 di Bangkok.

Kevin/Masita awalnya dicoba berpasangan pada saat latihan jelang Asia Junior Championships 2013 di Sabah, Malaysia. Kala itu perpaduan keduanya diperkirakan akan menjadi sebuah kekuatan ganda campuran yang mumpuni.

“Kevin/Masita memang menjadi andalan di ganda campuran. Melihat hasil di Asia Junior Championships 2013, kami memutuskan mereka dipasangkan kembali. Kali ini mereka tak hanya bermain di nomor beregu, tetapi juga perseorangan,” jelas Rudi Gunawan, pelatih ganda campuran tim BWF World Junior Championships 2013.

Kevin yang juga jadi andalan di ganda putra bersama Arya Maulana Aldiartama, memiliki pukulan-pukulan yang terkenal ajaib. Tak heran jika lawan-lawan Kevin sering terkecoh dan kesulitan mengembalikan bola.

Sementara itu, Masita pun lihai di depan net. Pemain asal klub Jaya Raya Jakarta ini awalnya berpasangan dengan Rian Swastedian. Bersama Rian, Masita sudah jadi langganan juara di ajang Djarum Sirkuit Nasional. Masita juga bermain rangkap di nomor ganda putri bersama Uswatun Khasanah.

“Menurut saya, pasangan ini menjadi bagus karena masing-masing pemain sudah punya kualitas individu yang bagus,” ucap Rudi.

Pada ajang Asia Junior Championships 2013, Kevin/Masita hanya bermain di nomor beregu, karena Masita masih berpasangan dengan Rian di nomor perseorangan. Sementara Kevin hanya bermain di ganda putra perseorangan bersama Arya. Saat memperkuat tim Merah-Putih melawan Malaysia dan Thailand, Kevin/Masita tercatat tak pernah mengalami kekalahan. Mereka bahkan tak kehilangan satu game pun.

Di sela-sela karantina tim WJC 2013, Kevin/Masita kembali diuji di turnamen Tangkas Specs Junior Challenge 2013. Hasilnya pun sangat memuaskan, Kevin/Masita berhasil memboyong gelar juara di turnamen perseorangan internasional pertama mereka.

“Turnamen tersebut memang menjadi salah satu wadah bagi para pemain-pemain junior untuk menguji kemampuan mereka jelang WJC 2013. Setelah berlatih di Pelatnas Cipayung, bagaimana kemajuannya?” tambah Rudi.

Tak heran jika Kevin/Masita menjadi andalan Indonesia di WJC 2013 yang akan berlangsung di Bangkok, Thailand, pada 23 Oktober–3 November. Kevin/Masita juga diharapkan mampu mempertahankan tradisi emas ganda campuran yang sebelumnya diraih seniornya yaitu Alfian Eko Prasetya/Gloria Emanuelle Widjaja dan Edi Subaktiar/Melati Daeva Oktavianti. (*)