(Asia Youth U-17 & U-15 Championships 2013) Gatjra Jaga Asa di Final Tunggal Putra U-15

(Kudus, 12/10/2013)
Indonesia akhirnya berhasil menempatkan wakil di final tunggal putra U-15 turnamen Blibli.com Flypower Asia Youth U-17 & U-15 Championships 2013 di GOR PB Djarum, Jati, Kudus. Gatjra Putra menjadi satu-satunya wakil yang lolos ke partai puncak setelah menundukkan Yuji Suzuki (Jepang), 21-13, 21-19.

“Saya nggak menyangka bisa menang lagi, saya merasa terharu. Kunci kemenangan saya adalah bermain sabar dan jaga permainan depan,” kata Gatrja, pemain asal klub Exist Jakarta Utara ini.

“Lawan sempat mempercepat permainan, tapi saya tidak mau bermain cepat. Jadi, saya terus memperlambat tempo. Saya ajak dia reli terus, lalu serang sedikit-sedikit,” imbuh pemain berdarah Padang – Jawa ini.

Gatjra memulai game pertama dengan begitu meyakinkan. Satu demi satu poin diraih dengan cukup mudah. Penempatan bola yang sulit dijangkau Yuji menjadi senjata Gatrja melalui game pertama dengan mulus.

Di game kedua, Gatjra sempat grogi saat ketinggalan 0-3 dari Yuji. Namun perlahan tapi pasti, Gatjra menyamakan kedudukan dan balik unggul. Di saat-saat akhir game kedua, pertandingan jadi sangat menegangkan. Gatrjra yang sudah unggul pada kedudukan match point 20-17, sempat tersusul hingga 20-19.
Satu pengembalian Yuji yang jauh ke sisi kanan lapangan didiamkan saja oleh Gatjra.

Kesalahan yang dibuat lawan tersebut membuahkan poin kemenangan bagi Gatjra. Ia pun berteriak seraya menjatuhkan badan hingga terlentang di tengah lapangan.

“Saya lihat Gatjra semakin percaya diri sejak mengalahkan Mark Alcala yang unggulan pertama. Dia terlihat bermain lebih enjoy. Saya salut dengan Gatjra. Di usia masih muda, dia bisa sabar dan tenang. Di saat-saat genting, dia bisa keluar dari tekanan. Selain itu dia juga atlet yang cerdas dan punya fighting spirit yang luar biasa,” kata Tek Ming, sang pelatih.

Di final yang akan berlangsung Minggu (13/10), Gatjra ditantang Siril Varma. Pemain India ini maju ke final setelah mengalahkan Pacharapol Nipornram (Thailand), 21-10, 22-20. (*)

Hasil sementara babak semifinal Blibli.com Flypower Asia Youth U-17 & U-15 Championships 2013 dapat diakses di situs:

www.tournamentsoftware.com atau www.djarumbadminton.com