(Asia Youth U-17 & U-15 Championships 2013) Kalah Ulet, Tunggal Putri Indonesia Takluk di Tangan Pemain Jepang

(Kudus, 10/9/2013)
Pemain Indonesia harus mengakui keunggulan putri-putri Jepang dalam ajang Blibli.com Flypower Asia Youth U-17 & U-15 Championships 2013 di GOR PB Djarum, Jati, Kudus. Di kelompok U-17, Aurum Oktavia Winata takluk di tangan Minami Kawashima, 19-21, 18-21. Rafika Mutiara Guniarti juga tak kuasa menahan laju Natsuki Nidaira saat dikalahkan dengan skor 21-19, 7-21, 16-21.

Di kategori U-15 juga terjadi pertarungan sengit antara tunggal putri Indonesia melawan Jepang. Asti Dwi Widyaningrum gagal membendung serangan-serangan yang dilancarkan Asuka Takahashi. Pemain asal klub Jaya Raya Jakarta ini akhirnya kalah usai berjuang rubber game, 13-21, 21-17, 20-22.

Asti sebetulnya punya peluang besar menang saat unggul 19-17 di game ketiga. Namun menurut sang pelatih, Ratih Kumaladewi, saat itu Asti masih kurang sabar. Sebagai pemain muda, Asti juga dinilai belum matang dalam pengambilan keputusan di lapangan.

“Saya lihat dia masih tegang, terutama di saat-saat genting, Asti terlihat kurang percaya diri dan belum matang. Dia belum bisa memutuskan harus bagaimana di lapangan. Semoga Asti bisa mengambil pelajaran dari pertandingan ini,” ujar Ratih yang dijumpai di GOR PB Djarum, Kudus.

“Poin-poin Asti banyak diraih dari servis pendek yang dia lakukan, padahal Asti punya kekuatan di servis tinggi yang biasanya menjadi andalannya, tetapi dia masih banyak ragu-ragu,” katanya lagi.

Sementara itu Asti yang tak dapat menyembunyikan rasa kecewanya, langsung terdiam saat kembali dari lapangan pertandingan. Ia tampak murung dan terus mengusap wajahnya yang penuh dengan keringat. Asti mengaku sangat tidak puas dengan hasil yang diraihnya hari ini.

“Tadi saat poin-poin terakhir saya merasa deg-degan. Lawan saya ulet sekali, saat bertanding tadi juga terasa pukulan-pukulannya kuat, ini yang paling menyulitkan buat saya” tutur pemain kelahiran Jayapura, 25 Oktober 2000 ini.

Asti mengaku berusaha keras untuk melupakan kekalahannya sejenak karena ia harus konsentrasi untuk bertanding di nomor ganda putri. Asti yang berpasangan dengan Phita Haningtyas Mentari, akan berhadapan dengan Nethma Anuki Atapattu/Thanushi Anuththara Rathnayake dari Sri Lanka.

“Saya nggak mau mikirin kekalahan ini dulu. Mungkin nanti setelah kembali ke hotel baru saya pikirin lagi, rasanya menyesal sekali. Kalau kalah, saya tidak terbiasa cerita dengan siapa-siapa, hanya menyendiri saja, kadang sampai nangis juga,” beber Asti.

Hingga berita ini diturunkan, Indonesia sementara mengirimkan Nisak Puji Lestari ke babak perempat final tunggal putri kelompok U-17. Di U-15, Putri Ayu Desiderianti juga mengamankan tiket babak delapan besar. Hasil sementara babak kedua Blibli.com Flypower Asia Youth U-17 & U-15 Championships 2013 dapat dilihat di sini. (*)