(Dutch Grand Prix 2013) Dua Tunggal Putri Lolos ke Babak Kedua

(Jakarta, 9/10/2013)
Dua tunggal putri Indonesia berhasil mengamankan tempat di babak kedua Dutch Open Grand Prix 2013 di Almere. Hera Desi Ana Rachmawati dan Maria Febe Kusumastuti mampu melewati rintangan dari lawan-lawan mereka di turnamen berhadiah total 50 ribu dollar AS ini.
 
Hera lebih dulu lolos usai memetik kemenangan atas Sashina Vignes Waran (Perancis), 21-15, 16-21, 21-16. Febe kemudian mengikuti jejak rekannya dengan menekuk Chen Jiayuan (Singapura), 16-21, 21-12, 21-10.
 
“Sashina memiliki tipe permainan yang mirip dengan Hera, ia mengandalkan reli panjang baru menyerang. Fighting spirit lawan juga sangat bagus, apalagi bermain di Eropa, dia sangat percaya diri. Untungnya Hera bermain safe di poin-poin terakhir game penentuan,” jelas Dimas Indra Prasetyo, Asisten Pelatih Tunggal Putri PBSI ketika ditanya soal pertandingan Hera.
 
Sama seperti Hera, Febe pun harus melalui babak pertama dengan pertandingan tiga game. Di game pertama, Febe tak dapat mengimbangi permainan Jiayuan dan ketinggalan jauh hingga 5-13. Febe pun mencoba bangkit di game kedua, ia balik mengendalikan irama permainan dan terus memimpin perolehan angka.
 
Di game terakhir, Febe sudah tak terbendung. Sempat berkejaran angka dalam kedudukan imbang 7-7, Febe langsung tancap gas dan unggul jauh 18-9. Tiket babak kedua pun diraih Febe usai menyelesaikan pertandingan game ketiga dengan skor 21-10.
 
“Di awal permainan, Febe sempat mengalami kesulitan. Tetapi di game kedua dan seterusnya, febe bisa menguasai permainan. Febe juga siap menghadapi pertandingan hari ini. Walaupun dia mendapat tekanan di game pertama, tetapi Febe bisa melewatinya,” ungkap Dimas.
 
Sejauh ini, enam wakil tunggal putra Indonesia telah merebut tiket babak kedua. Mereka adalah Riyanto Subagja, Wisnu Yuli Prasetyo, Julian Arbitama. Kaizar Bobby Alexander dan Andre Marteen.
 
Di ganda campuran, pasangan Irfan Fadhilah/Weni Anggraini yang merupakan unggulan keempat, juga merebut tiket babak kedua dengan mengalahkan Pranaav Jerry Chopra/Maneesha K (India), 21-16, 21-14.
 
Hasil sementara babak pertama Dutch Open Grand Prix 2013 dapat dilihat di sini.