(Dutch Grand Prix 2013) Sedang Menurun, Rijal/Debby Tak Patah Semangat

(Jakarta, 8/10/2013)
Meskipun tengah menghadapi jalan terjal dalam perjalanan karir, Muhammad Rijal/Debby Susanto tak patah semangat. Ganda campuran ranking enam dunia ini membidik gelar juara pada turnamen Dutch Open Grand Prix 2013 di Kota Almere, Belanda.

“Kami berharap bisa meraih gelar juara di turnamen ini,” kata Rijal yang dihubungi dari Jakarta.

Gagal mencapai target di sejumlah turnamen, termasuk mempertahankan gelar di Taipei Open Grand Prix Gold lalu, membuat Rijal/Debby dipisah untuk sementara waktu. Keduanya bahkan batal memperkuat skuat SEA Games 2013 di Myanmar. Rijal urung memperkuat tim, sementara Debby tetap berada di dalam tim dan akan berpasangan dengan Ricky Karanda Suwardi.

“Kalau saya pribadi sih tidak merasa terbebani walaupun prestasi kami sedang menurun. Justru keadaan ini membuat saya makin termotivasi supaya prestasi kami bagus di turnamen ini,” ungkap Debby, pemain binaan PB Djarum.

Pada turnamen Dutch Open Grand Prix 2013, Rijal/Debby yang diunggulkan di tempat pertama, berpeluang besar menggondol gelar juara di turnamen berhadiah total 50 ribu dollar AS ini. Pada babak pertama, Rijal/Debby ditantang Laurent Constantin/Laura Choinet (Perancis).

Rijal/Debby diperkirakan akan mendapat perlawanan sengit di babak perempat final oleh Liu Cheng/Bao Yixin asal China. Keduanya tercatat belum pernah berjumpa. Di atas kertas, Rijal/Debby memang jauh lebih diunggulkan. Akan tetapi Liu/Bao yang kini berada di ranking 70 dunia, tidak boleh dipandang sebelah mata.