(London GPG 2013) Ricky/Berry Harus Puas Jadi Runner Up

(Jakarta, 6/10/2013)
Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan belum dapat mewujudkan mimpi meraih gelar internasional pertama di turnamen London Open Grand Prix Gold 2013. Pasangan ranking 193 dunia ini merelakan titel juara jatuh ke tangan unggulan pertama, Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark), setelah kalah, 13-21, 16-21.

“Ricky/Berry masih kalah pengalaman. Pasangan Denmark itu pintar cari poin dari permainan di depan net. Ricky/Berry juga tampil kurang tenang. Seharusnya peluang dapat poin, malah kehilangan poin. Pertahanan Ricky/Berry pun kurang rapat dibandingkan lawan,” jelas sang pelatih, Aryono Miranat, ketika dimintai keterangan soal penampilan anak-anak didiknya.

“Kami kalah pengalaman dari Boe/Mogensen. Bisa dibilang kalah pintar juga. Kami kesulitan mencari angka, kalau sudah reli, pasti ramai,” imbuh Ricky.

Meskipun menderita kekalahan dan gagal meraih mahkota juara, penampilan Ricky/Berry yang konsisten hingga mampu menembus babak final, dirasa sang pelatih sebagai sinyal baik untuk perkembangan pasangan ini kedepannya. Kombinasi Ricky/Berry baru dibentuk dari bongkar pasang ganda putra pelatnas yang berlangsung pada Agustus 2013.

“Ricky/Berry kalah di final bukan dari sembarang pemain, tetapi pemain senior dan berpengalaman. Apalagi, mereka memberi perlawanan, pertandingan berlangung ramai. Jadi, untuk hitungan pasangan baru, kami cukup puas dengan hasil ini, walaupun masih banyak tugas-tugas lain menanti,” ungkap Aryono.

Dengan demikian, Indonesia gagal mendulang gelar di turnamen yang digelar di The Copper Box Arena ini. Para pemain Eropa merajai ajang berhadiah total 120 ribu dollar AS ini dengan meraih empat titel. Satu-satunya titel yang jatuh ke tangan pemain Asia adalah nomor tunggal putra lewat kemenangan Tian Houwei (China). (*)

Berikut hasil pertandingan final London Open Grand Prix Gold 2013:
Tunggal Putra
Tian Houwei (CHN) vs Hans-Kristian Vittinghus (2/DEN) 22-20, 21-16

Tunggal Putri
Carolina Marin (3/SPA) vs Kirsty Gilmour (5/SCO) 21-19, 21-9

Ganda Putra
Mathias Boe/Carsten Mogensen (1/DEN) vs Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan (INA) 21-13, 21-16

Ganda Putri
Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen (1/DEN) vs Line Damkjaer Kruse/Marie Roepke (DEN) 12-21, 21-17, 21-15

Ganda Campuran
Michael Fuchs/Birgit Michels (2/GER) vs Chris Langridge/Heather Olver (3/ENG) 21-19, 21-14