(Komunitas Bulutangkis) TVRI Pusat, Jawa Pos, dan RRI Semarang Lolos ke Grand Final Kejuaraan Antar Media 2013

(Jakarta, 6/10/2013)
Kejuaraan Bulutangkis Antar Media 2013 telah melewati tahap penyisihan zona wilayah. Tim asal TVRI Pusat, RRI Semarang, dan Jawa Pos lolos ke Grand Final.

Pada penyisihan Zona Barat (DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Sumatera) yang dilaksanakan 30 September–2 Oktober di GOR Asia Afrika, Senayan, Jakarta, diikuti 30 peserta media. Mereka adalah, yaitu Trans TV, TVRI Pusat, Suara Pembaruan, Pikiran Rakyat, Majalah Aku Anak Shaleh, Metro TV, SCTV, Indosiar, Jak TV, TV One, Rakyat Merdeka, RRI Pusat, Sinar Harapan, Kompas, Kompas.com., Suara Merdeka Jakarta, Gatra, TVRI Bandung, Indopos, Pos Kota, NET TV, RCTI, B Channel TV, Bulutangkis.com, Waspada Medan, Suara Karya, MNC TV, Koran Sindo, Top Skor, dan Global TV.

TVRI Pusat menjadi juara Zona Barat dan berhak melenggang ke babak Grand Final di Kudus, 17-19 Oktober. Sedangkan untuk posisi runner up diraih oleh NET TV.

Babak penyisihan di Zona Tengah (Jawa Tengah, DIY, dan Kalimantan), yang dilaksanakan 3–4 Oktober di GOR Tri Lomba Juang, Semarang, diikuti 15 tim. Yaitu Harian Semarang, Seputar Indonesia, TVRI Jateng, Suara Merdeka A, Suara Merdeka B, Cempaka, Jawa Pos Grup, RRI Semarang A, RRI Semarang B, Kedaulatan Rakyat, Berita21.com, TVKU, dan RRI Surakarta.

RRI Semarang berhasil menjadi juara dan berhak melaju ke Grand Final setelah pada partai final mengalahkan tim unggulan Suara Merdeka, dengan skor 2-1. Dengan hasil itu, Suara Merdeka harus puas sebagai runner up.

Sedangkan babak penyisihan Zona Timur (Jawa Timur, Bali, Nusa Tengara, Sulawesi, Maluku, dan Papua) yang dgelar di GOR Sudirman, Surabaya, 3-4 Oktober, diikuti 16 tim. Yaitu, TVRI, Tabloid Posmo, Metro TV, Berita Jatim, BBSTV, JTV, Memorandum, Radar Surabaya, Tabloid Warta KONI, Tabloid Nurani, Harian Surabaya Pagi, Harian Bhirawa, Whatindonews, SBO TV, Jawa Pos, dan Jatimprov.go.id

Jawa Pos tampil sebagai juara dan berhak mewakili Zona Timur menuju Grand Final. Di final, mereka mengalahkan Memorandum.

Selain TVRI Pusat, RRI Semarang, dan Jawa Pos yang menjuarai zona masing-masing dan berhasil menjadi peserta Grand Final Kejuaraan Bulutangkis Antar Media Nasional di GOR PB Djarum, Jati, Kudus, 17-19 Oktober, juga akan diperebutkan satu tim favorit pilihan Panitia Pelaksana Nasional yang akan diseleksi dari para peserta di tiga wilayah zona tersebut.

Pada Grand Final Nasional ini, selain memerebutkan Piala Bergilir dari Bakti Olahraga Djarum Foundation juga total hadiah uang pembinaan sebesar 55 juta rupiah. (*)