(London GPG 2013) Wahyu/Ade Rebut Tiket Semifinal

(Jakarta, 5/10/2013)
Lewat pertarungan straight game, pasangan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf berhasil menundukkan Huang Po Jui/Lu Ching Yao (Taiwan) dan meraih tiket semifinal turnamen London Open Grand Prix Gold 2013. Wahyu/Ade yang merupakan unggulan keempat, menang dengan skor 21-18, 21-19.

Meskipun sempat diwarnai insiden lima servis Wahyu yang dinyatakan fault oleh hakim servis, nyatanya Wahyu/Ade yang kini berada di rangking 36 dunia, tetap bisa berkonsentrasi pada pertandingan yang berlangsung di The Copper Box Arena tersebut.

“Penampilan Wahyu/Ade bisa dibilang baik sekali. Apalagi dengan kondisi dimana servis Wahyu dinyatakan fault sebanyak lima kali, di saat-saat kritis pula, di poin-poin akhir,” ujar Aryono Miranat, Asisten Pelatih Ganda Putra PBSI yang dihubungi di London.

Di game pertama dan kedua, servis Wahyu beberapa kali disalahkan oleh hakim servis, poin pun terus bertambah untuk Huang/Lu. Pada kedudukan match point 20-18 di game kedua, servis Wahyu lagi-lagi dinyatakan fault oleh hakim servis. Poin pun bertambah bagi Huang/Lu menjadi 19-20 dan keadaan menjadi sangat menegangkan.

“Saat itu saya minta mereka untuk sabar. Wahyu/Ade bisa menjaga fokus dan akhirnya memenangkan pertandingan. Ini akan kami jadikan bahan pembelajaran untuk kedepannya agar tetap tenang meskipun dalam kedaan yang tidak menguntungkan,” tambahnya.

Meskipun lawan berada di peringkat yang jauh di bawah Wahyu/Ade, yaitu rangking 179 dunia, menurut Aryono, permainan pasangan Taiwan tersebut cukup membahayakan.

”Lawan merupakan pemain yang bagus, mereka memiliki pertahanan yang rapat. Selain itu, bola-bola datarnya juga bagus, jadi kami coba adu di bola-bola datar dan lebih banyak kesempatan untuk menyerang,” tambah Aryono yang mendampingi Wahyu/Ade bertanding.

Wahyu/Ade masih menanti calon lawan mereka di babak semifinal. Kemungkinan besar keduanya akan berhadapan dengan unggulan pertama, Mathias Boe/Carsten Mogensen dari Denmark.

“Kalau ketemu Boe/Mogensen, ya lawan saja. Pasangan Denmark ini kan lebih diungulkan, jadi Wahyu/Ade harusnya nothing to lose. Pokoknya waspadai drive dan serangan Boe/Mogensen,” imbuh Aryono.

Pasangan ganda putra lainnya, Berry Angriawan/Ricky Karanda Suwardi baru akan bertanding memperebutkan tempat di semifinal melawan ganda putra Denmark, Mads-Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding. (*)

Hasil sementara babak perempat final London Open Grand Prix Gold 2013 dapat diakses di sini.