(London GPG 2013) Irfan/Weni Gagal ke Final

(Jakarta, 5/10/2013)
Bermain sengit tiga game, Irfan Fadhilah/Weni Anggraini belum mampu menghadang lawan di semifinal turnamen London Open Grand Prix Gold 2013. Ganda campuran Indonesia yang diunggulkan di posisi keempat ini ditaklukkan Michael Fuchs/Birgit Michels (Jerman), dengan skor ketat,  21-19, 19-21, 20-22 dalam waktu 82 menit.

“Secara keseluruhan, Irfan/Weni sudah bermain bagus, hanya ada beberapa kesalahan sendiri yang tidak seharusnya dilakukan. Fuchs/Michels jam terbangnya lebih banyak,” jelas sang pelatih, Yanti Kusmiati.

“Pasangan Jerman ini memang lebih berpengalaman. Penempatan bola Michels bagus. Tetapi menurut saya, Weni hari ini juga bermain baik di depan net, kami merasa sudah bermain maksimal,” ujar Irfan.

Pertarungan Irfan/Weni melawan unggulan kedua ini berlangsung seru. Irfan/Weni yang sudah unggul 19-15 di game pertama, sempat dibuat kewalahan saat Fuchs/Michels menyamakan kedudukan menjadi 19-19.

Di game kedua, hal yang sama terjadi pada Fuchs/Michels. Sudah unggul jauh 15-9, poin mereka malah terkejar Irfan/Weni hingga kedudukan berbalik 18-17 untuk keunggulan pasangan Indonesia.

Di game penentuan, Fuchs/Michels memegang kendali permainan. Pasangan rangking 18 dunia tersebut selalu unggul dalam perolehan angka. Keadaan kembali menegangkan saat Fuchs/Michels dua kali gagal menutup game ketiga saat kedudukan match point 20-18 dan 20-19. Sayang, pada saat kedudukan 20-21, Irfan salah mengantisipasi servis yang diberikan lawan.

“Satu servis yang mengarah ke saya cukup tinggi, saat itu saya yakin itu keluar, makanya tidak saya ambil. Tetapi malah dinyatakan masuk,” tutur Irfan.

“Di poin-poin terakhir, Fuchs/Michels lebih bisa mengatur ritme permainan. Sementara kami masih sering terburu-buru. Kami juga merasa kalah dari segi pengalaman,” kata Weni.

Dengan hasil ini, Indonesia tinggal berharap pada dua semifinalis lain di nomor ganda putra. Pasangan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf akan bertanding melawan Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark), sementara Berry Angriawan/Ricky Karanda Suwardi melawan Peter Kaesbauer/Josche Zurwonne (Jerman). (*)

Hasil sementara babak semifinal London Open Grand Prix Gold 2013 dapat dilihat di sini.