(London GPG 2013) Lukhi/Annisa Juga ke Babak Delapan Besar

(Jakarta, 3/10/2013)
Lukhi Apri Nugroho/Annisa Saufika melangkah mulus ke babak perempat final turnamen London Open Grand Prix Gold 2013. Pasangan ganda campuran ranking 27 dunia ini memetik kemenangan straight game atas wakil tuan rumah, Harley Towler/Helena Lewczynska, 21-11, 21-12.

“Lawan kami hari ini cukup lumayan dan kami merasa bisa bermain enak. Saya dan Annisa masing-masing bisa mengeluarkan kemampuan kami dengan bermain lebih berani,” ujar Lukhi yang merupakan Juara Asia Junior 2011 bersama Ririn Amelia.

“Lukhi/Annisa bisa dibilang menang cukup mudah. Lawan, terutama Helena, tidak tampil bagus. Ia menjadi titik lemah pasangan ini,” kata Yanti Kusmiati, Asisten Pelatih Ganda Campuran PBSI yang mendampingi Lukhi/Annisa saat bertanding.

Pasangan asal Jerman unggulan kedua, Michael Fuchs/Birgit Michels, akan menjadi lawan Lukhi/Annisa pada perebutan tiket ke semifinal yang akan dilangsungkan Jumat (4/10) di The Copper Box Arena, London.

Di atas kertas, Fuchs/Michels yang berada di ranking 18 dunia, memang lebih dijagokan. Pasangan ini bahkan pernah mengalahkan ganda campuran andalan Indonesia yang juga Juara Dunia 2013, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Meskipun demikian, peluang Lukhi/Annisa tetap terbuka untuk memenangkan pertandingan. Menurut sang pelatih, Lukhi/Annisa harus bermain lebih berani agar bisa meredam perlawanan Fuchs/Michels dan meraih tiket semifinal.

“Jika mau menang, Lukhi/Annisa harus lebih berani di lapangan dan jangan banyak mati sendiri. Tontowi (Ahmad)/Liliyana (Natsir) juga pernah kalah dari Fuchs/Michels. Pokoknya main berani dulu, peluang menang selalu terbuka,” tutur Yanti.

Pasangan ganda putra Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf, mengikuti langkah Lukhi/Annisa ke babak perempat final. Unggulan keempat ini mengalahkan wakil tuan rumah, Christopher Coles/Andrew Ellis, 21-15, 21-14. (*)

Hasil lengkap babak kedua London Open Grand Prix Gold 2013 dapat dilihat di sini.