(Yonex-Sunrise Indonesia GPG 2013) Angga/Rian Rebut Gelar Ganda Putra

(Yogyakarta, 29/9/2013)
Angga Pratama/Rian Agung Saputro berhasil naik podium juara pada turnamen Yonex-Sunrise Indonesia Open Grand Prix Gold 2013 di Yogyakarta. Pasangan unggulan kedua ini memenangkan perang saudara dengan rekan sepelatnasnya, Ronald Alexander/Selvanus Geh, 17-21, 21-15, 21-16.

Prestasi ini melebihi hasil yang diraih Angga/Rian pada tahun lalu di Palembang. Kala itu keduanya kalah di final dari ganda putra Korea, Kim Ki Jung/Kim Sa Rang, 13-21, 9-21.

"Di game pertama, kami masih belum in dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Sementara lawan mempercepat tempo permainan," jelas Rian usai pertandingannya siang ini, Sabtu (29/9).

"Kami merasa sudah maksimal hari ini dan memaksa mereka bermain rubber game. Di game kedua dan ketiga penampilan kami menurun," kata Ronald.

"Angga/Rian begitu percaya diri dengan serangan-serangan mereka. Di game kedua dan ketiga kami tidak fokus dan kelelahan," Selvanus menambahkan.

Menang tanpa tanding atas Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan di semifinal, rupanya sedikit membawa pengaruh bagi stamina Angga/Rian di final.

"Cukup membantu juga, jadi lebih fit dibandingkan lawan yang kemarin harus bertanding di semifinal," ungkap Angga.

Gelar ini adalah yang ketiga bagi Angga/Rian di tahun 2013. Sebelumnya, pasangan ranking 11 dunia ini telah meraih dua titel juara di Australia Open Grand Prix Gold 2013 dan New Zealand Open Grand Prix 2013.

"Setelah ini kami akan mengikuti turnamen di Denmark dan Paris. Semoga juara di turnamen grand prix gold ini bisa memotivasi kami untuk meraih hasil yang lebih baik lagi," tutur Rian.

Gelar ganda putra yang diraih Angga/Rian adalah gelar kedua bagi Indonesia di turnamen berhadiah total 120 ribu dollar AS ini. Sebelumnya pasangan Praveen Jordan/Vita Marissa memboyong gelar juara setelah mengalahkan juara bertahan, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, 22-20, 9-21, 21-14.

Sementara itu saat ini dua pasangan China, Luo Ying/Luo Yu dan Huang Dongping/Jia Yi Fan tengah bertarung memperebutkan gelar ganda putri. (*)