(Yonex-Sunrise Indonesia GPG 2013) Selvanus/Ronald Taklukkan Juara Dunia 2013

(Yogyakarta, 27/9/2013)
Kejutan kembali mewarnai arena pertandingan Yonex-Sunrise Indonesia Open Grand Prix Gold 2013 di Yogyakarta. Kali ini kejutan datang dari nomor ganda putra, Selvanus Geh/Ronald Alexander berhasil mengalahkan Juara Dunia 2013 yang juga senior mereka, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, 8-21, 21-19, 21-18.

Kalah telak di game pertama, Selvanus/Ronald tampak bermain lebih agresif di game kedua. Keduanya banyak menekan pertahanan Hendra/Ahsan dengan menghujankan serangan demi serangan. Hendra/Ahsan pun akhirnya harus merelakan tiket semifinal jatuh ke tangan juniornya.

"Lawan lebih bagus dari kami, mereka bermain lepas. Sementara fokus kami sudah berkurang. Kami kan bukan robot yang harus menang terus," ucap Ahsan.

"Selvanus/Ronald tampil lebih berani di game kedua dan ketiga, terutama dari segi serangan. Mereka tentunya senang dapat mengalahkan seniornya, semoga kedepannya bisa lebih bagus," kata Hendra usai pertandingannya.

Babak semifinal Yonex-Sunrise Indonesia Open Grand Prix Gold 2013 sementara merupakan pencapaian terbaik yang pernah diraih Selvanus/Ronald. Keduanya mengaku kian percaya diri setelah berhasil mengalahkan pasangan unggulan.

"Tentunya senang sekali bisa mengalahkan Hendra/Ahsan yang Juara Dunia 2013. Hasil semifinal GP Gold ini juga yang terbaik dibanding sebelumnya," kata Ronald.

"Di game pertama kami masih kaget dan agak tegang. Game kedua kami lebih berani main no lob dan menguasai permainan depan," Selvanus menambahkan.

Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI, Herry Iman Pierngadi, memberi tanggapan positif atas hasil ini. Meskipun Hendra/Ahsan yang menjadi andalan Indonesia harus terhenti, kemenangan Selvanus/Ronald yang lebih muda dianggap sebagai regenerasi yang mulai berjalan.

"Artinya gap antara pemain utama dan pelapis tidak terlalu jauh, regenerasi bisa berjalan. Hendra/Ahsan mungkin kelelahan setelah Japan Open Super Series 2013, sementara Selvanus/Ronald bermain tanpa beban," tutur Herry di GOR Among Raga.

Sementara itu, pasangan unggulan kedua Angga Pratama/Rian Agung Saputro juga melangkah ke semifinal setelah menundukkan rekannya, Rendy Sugiarto/Muhammad Ulinnuha, 21-12, 21-18.

Hasil lengkap babak perempat final Yonex-Sunrise Indonesia Open Grand Prix Gold 2013 dapat dilihat di sini. (*)