(Japan Super Series 2013) Hendra/Ahsan Juara di Negeri Sakura

(Jakarta, 22/9/2013)
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan sukses mempersembahkan gelar juara bagi Merah-Putih pada ajang Japan Open Super Series 2013 di Tokyo. Kemenangan di partai final diraih pasangan ganda putra ranking dua dunia ini atas Chai Biao/Hong Wei (China), 22-20, 21-16.

"Hendra/Ahsan berhasil memegang kendali di permainan depan. Kali ini mereka juga lebih banyak inisiatif untuk menyerang lebih dulu," ujar Herry Iman Pierngadi, sang pelatih, yang dihubungi di Tokyo, Jepang.

"Chai/Hong banyak menurunkan bola. Sekalinya kami angkat bola, mereka langsung mengembalikan dengan smash keras. Saat itu saya dan Hendra bisa mengatur fokus dan memenangkan game pertama," tutur Ahsan.

"Di game kedua, kami terus berusaha untuk tenang dan selalu mengendalikan permainan," tambah Ahsan yang merupakan pemain jebolan PB Djarum.

Raihan gelar juara di turnamen yang berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium ini membuat catatan prestasi Hendra/Ahsan semakin panjang. Dalam empat turnamen berturut-turut yang diikuti mereka, semuanya sukses membuahkan gelar juara.

Artinya, Hendra/Ahsan juga tak terkalahkan dalam 20 pertandingan terakhir sepanjang tahun ini. Mulai dari turnamen Djarum Indonesia Open Super Series Premier, Singapore Open Super Series, BWF World Championships di Guangzhou, dan Japan Open Super Series.

"Satu hal yang pasti, kemenangan hari ini tak kami dapat dengan mudah. Kami harus pintar-pintar menurunkan bola, karena mereka punya kualitas serangan yang cukup bagus," imbuh Hendra, pemain binaan PB Jaya Raya ini.

Dengan kekalahan Chai/Hong, maka China gagal meraih gelar ketiga di turnamen berhadiah total 200 ribu dollar AS ini. Sebelumnya, skuat Negeri Tirai Bambu ini berhasil memboyong dua gelar di nomor ganda campuran dan ganda putri. (*)

Berikut hasil lengkap final Japan Open Super Series 2013:

Ganda Campuran
Zhang Nan/Zhao Yunlei (2/CHN) vs Xu Chen/Ma Jin (1/CHN) walkover

Tunggal Putra
Lee Chong Wei (1/MAS) vs Kenichi Tago (7/JPN) 23-21, 21-17

Tunggal Putri
Akane Yamaguchi (JPN) vs Shizuka Uchida (JPN) 21-15, 21-19

Ganda Putri
Ma Jin/Tang Jinhua (1/CHN) vs Christina Pedersen/Kamilla Rytter Juhl (3/DEN) 21-11, 21-14

Ganda Putra
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (1/INA) vs Chai Biao/Hong Wei (CHN) 22-20, 21-16