(China Masters Super Series 2013) Pemain Indonesia Dikepung Tuan Rumah

(Jakarta, 10/8/2013)

Sebagian besar pebulutangkis Indonesia akan ditantang wakil tuan rumah pada babak pertama turnamen China Masters Super Series 2013 berhadiah total 250 ribu dollar AS. Pada turnamen yang dilangsungkan di kota Changzhou, 10-15 September 2013 ini, sebanyak delapan dari 13 wakil Merah-Putih akan berhadapan dengan pemain-pemain China.

Dalam pertandingan yang digelar di Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium, Changzhou, pasangan ganda campuran Lukhi Apri Nugroho/Annisa Saufika bahkan berpeluang untuk bertemu unggulan pertama asal China, Xu Chen/Ma Jin di babak kedua. Syaratnya, mereka harus melewati pasangan China lainnya, Liu Cheng/Bao Yixin terlebih dahulu.
Melihat hasil undian, kans Lukhi/Annisa memang bisa dibilang cukup berat. Namun hal ini ternyata malah disyukuri oleh Kepala Pelatih Ganda Campuran PBSI Richard Mainaky.
"Justru ini yang saya mau, supaya pemain kita merasakan permainan pemain China. Kalaupun tidak China, ya setidaknya pemain-pemain kelas dunia. Peluang memang berat untuk Lukhi/Annisa, tetapi mereka dapat pengalamannya," ujar Richard yang ditemui di Pelatnas Cipayung, Selasa (10/9).
 
"Saya melihat Korea, mereka banyak kirim pemain muda dan akhirnya selalu ‘digebukin’ sama pemain-pemain China. Tetapi lama-lama mereka terbiasa dan termotivasi dan sadar dimana kekurangan mereka," tambahnya.
Selain Lukhi/Annisa, Richard juga mengirimkan dua pasangan lainnya yaitu Riky Widianto/Richi Puspita Dili serta Irfan Fadhilah/Weni Anggraini. Diharapkan mereka mendapat banyak pelajaran dari duel mereka dengan pasangan ganda campuran kelas dunia.
"Mereka sudah merasakan permainan pasangan unggulan Indonesia yaitu Tontowi (Ahmad)/Liliyana (Natsir). Nah, sekarang rasakan bagaimana menghadapi unggulan-unggulan dari negara lain. Bagaimana kualitasnya lawan-lawan mereka? Supaya mereka tahu diri dan sadar ‘sejauh mana hasil dari latihan saya? Berarti masih kurang di sini, di situ’," jelas Richard.
Ia juga menambahkan bahwa pengiriman pemain-pemain ke China Masters 2013 ini juga didasari pada potensi para pemain-pemain itu sendiri.
"Saya mengirim pemain-pemain yang memang punya prospek bagus kedepannya. Akan dinilai sejauh mana penampilan dan kemampuan masing-masing pemain" pungkasnya.

Babak pertama China Masters Super Series 2013 akan mulai dimainkan Rabu (11/9). Berikut susunan pemain Indonesia yang akan berlaga:

Tunggal Putra
Tommy Sugiarto (4/INA) vs Zhou Wenlong (CHN)
Dionysius Hayom Rumbaka (INA) vs Kento Momota (JPN)

Tunggal Putri
Bellaetrix Manuputty (INA) vs Li Xuerui (1/CHN)

Ganda Putra
Markis Kido/Marcus Fernaldi Gideon (INA) vs Song Ziwei/Xu Xiaofeng (CHN)

Ganda Putri