(Asian Youth Games 2013) Langkah Pemain-pemain Indonesia Terhenti di Perempat Final

 

(Jakarta, 19/8/2013) Pemain tunggal putra Jonatan Christie, Muhammad Bayu Pangisthu serta pasangan ganda campuran Muhammad Bayu Pangisthu/Fitriani harus terhenti di babak perempat final bulu tangkis Asian Youth Games 2013. Dengan demikian, pupus sudah harapan Indonesia untuk meraih medali dari cabang bulu tangkis pada pesta olahraga yang digelar di Nanjing, China.
 
Bayu tunduk di tangan Yu-Hua Lai asal Taiwan dengan skor 18-21, 21-23. Sedangkan Jonatan dikalahkan pemain tuan rumah Shi Yuqi juga dalam dua game langsung 10-21, 21-23.
 
"Saya kurang siap, kurang bisa jaga kondisi. Memang ada sedikit ada pengaruh dengan suasana hati dengan kekalahan kemarin di ganda campuran, tapi ya mau tidak mau harus tetap dijalankan," ucap Jonatan usai pertandingannya.
 
Kalah jauh di game pertama, Jonatan sebenarnya hampir saja merebut kemenangan, saat dirinya sempat memimpin 19-15 di game kedua. Namun Jonatan gagal menyudahi permainan, lawan pun berhasil memanfaatkan situasi ini hingga mampu menyamakan kedudukan 19-19.
 
Untuk kedua kalinya, unggulan ketiga ini, hampir kembali menutup pertandingan untuk kembali memaksakan game ketiga, sayangnya, usaha Jonatan kembali gagal. Ragu-ragu dalam mengantipasi bola pengembalian lawan, Jonatan akhirnya kalah dramatis 21-23.
 
Jonatan mengaku setelah unggul jauh, justru dia "blank" sama sekali. "Sudah memimpin jauh, tapi saya blank, kosentrasi jadi hilang. Mau main apapun jadi tidak jalan. Apalagi saat dia (Shi Yuqi) berhasil menyamakan kedudukan, sorakan penonton yang mendukungnya sedikit memberikan tekanan kepada saya justru di angka-angka kritis," imbuh Jonatan.
 
Hal yang sama terjadi dengan Bayu yang sudah unggul 19-16 atas Lai di game kedua. Mengaku terburu-buru, Bayu pun malah balik tertinggal dari lawannya.
 
“Padahal saya sudah unggul 19-16 di game kedua, tetapi saat itu saya merasa buru-buru ingin menyelesaikan pertandingan, tahu-tahu lawan bisa menyusul dan memenangkan pertandingan” tutur Bayu yang dihubungi dari Jakarta.
 
Sementara itu, Bayu yang bermain rangkap di ganda campuran bersama Fitriani, hari ini juga harus menelan kekalahan atas unggulan pertama, Putita Supajirakul/Dechapol Puavaranukroh dari Thailand. Bayu/Fitriani menyerah dua game langsung dengan skor 7-21, 9-21.
 
Indonesia mengirimkan enam wakil dengan komposisi dua tunggal putra, dua tunggal putri, serta dua pasangan ganda campuran. Tunggal putri Ruselli Hartawan dan Fitriani serta pasangan ganda campuran Jonatan/Ruselli lebih dulu tersingkir usai ditaklukkan lawan-lawannya.