(Asia Junior Championships) Catatan Pelatih Jelang World Junior Championships

 

(Kota Kinabalu, 14/7/2013) Ajang Asia Junior Championships 2013 telah berakhir. Sayangnya Indonesia tak mampu mencapai target utamanya untuk meraih satu gelar di turnamen yang berlangsung di Kota Kinabalu, Malaysia ini.

Andalan Indonesia di ganda putra, Arya Maulana Aldiartama/Kevin Sanjaya Sukamuljo harus terhenti di babak semfinal setelah dikalahkan Li Junhui/Liu Yuchen dari Cina. Sementara wakil tunggal putra Ihsan Maulana Mustofa dihadang Thammasin Sitthikom, unggulan pertama dari Thailand.
 
Hasil ini akan dijadikan pembelajaran bagi tim Indonesia yang dikomandoi Chafidz Yusuf selaku Manajer Tim. Chafidz mengaku telah mengantongi poin-poin yang perlu dijadikan bahan evaluasi untuk persiapan World Junior Championships 2013 yang akan berlangsung pada Oktober mendatang.
 
“Kami sudah memiliki materi pemain-pemain yang berpotensi, hanya perlu dipoles sedikit, terutama di sisi non teknis. Kami juga sudah melihat peta kekuatan lawan selama di AJC 2013 ini, teknik permainan kami tak kalah dari Cina, Korea dan Jepang, mereka unggul di keberanian.” ujar Chafidz yang ditemui di Tang Dynasty Hotel, Sabah.
 
Selain segi non teknis berupa mental bertanding, fighting spirit, dan sebagainya, Chafidz juga menggarisbawahi soal stamina dan fisik para pemain junior.
 
“Penampilan di beregu lebih baik, salah satu faktornya adalah mungkin karena pertandingannya dilangsungkan lebih dulu. Para atlet masih dalam stamina yang prima dan konsentrasi penuh. Masalah stamina dan fisik memang perlu ditingkatkan lagi” tambah Chafidz yang juga pelatih ganda putra ini.
 
Kerja keras juga diperlukan untuk memperbaiki performa pemain jelang World Junior Championships 2013. Persiapan yang lebih matang dirasa menjadi salah satu faktor keberhasilan tim pada ajang bergengsi tersebut.
 
“Kalau menurut saya, idealnya persiapan itu membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. World Junior Championships sangatlah penting, para pemain-pemain muda ini dipersiapkan untuk menjadi pelapis seniornya” jelasnya.
 
Pada Asia Junior Championships 2013 kali ini, Indonesia mendapat satu medali perunggu dari pasangan Arya/Kevin. Cina mendominasi dengan dua gelar, sementara tuan rumah mendapat satu gelar.
 
Berikut hasil lengkap babak final Asia Junior Championships 2013 :
 
Ganda campuran
Choi Sol Kyu/Chae Yoo Jung (1)(KOR) vs Liu Yuchen/Huang Dongping (2)(CHN) 21-11, 19-21, 21-13
 
Tunggal putri
Aya Ohori (3)(JPN) vs Busanan Ongbumrungpan (1)(THA) 21-11, 16-21, 21-13
 
Tung