(Maldives International Challenge) Indonesia Raih Dua Gelar Lagi dari Maldives

(Jakarta, 9/6/2013) Para pebulutangkis muda Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa dengan mempersembahkan dua gelar dari ajang Maldives International Challenge 2013. Bahkan gelar tunggal putra dan ganda putri diraih lewat pertarungan all Indonesian final.
 
Gelar pertama didapat oleh Fikri Ihsandi Hadmadi yang di babak final mengalahkan rekannya, Muhammad Bayu Pangisthu dengan skor 21-16, 21-14. Pasangan ganda putri Maretha Dea Giovani/Melvira Oklamona kemudian membekukan gelar kedua bagi Indonesia. Maretha/Melvira juga menundukkan sesama pemain Indonesia, Melati Daeva Octavianti/Rosyita Eka Putri Sari, dengan skor 21-15, 21-15.
 
Sayangnya dua finalis lainnya harus menyerah dari lawan-lawannya dan gagal meraih gelar. Pemain tunggal putri Hanna Ramadini mengakui keunggulan Li Michelle dari Kanada, dengan skor 13-21, 8-21. Arya Maulana Aldiartama/Alfian Eko Prasetya yang baru dipasangkan juga belum mampu menaklukkan pasangan ganda putra Tien Tzu Chieh/Wang Chi-Lin dari Taiwan, keduanya menyerah 15-21, 17-21.
 
Prestasi yang diukir pemain-pemain muda Indonesia ini mendapatkan apresiasi dari Kabid Binpres Rexy Mainaky. Menurut mantan pemain ganda putra ini, apa yang diraih para pemain muda merupakan pencapaian yang baik.
 
“Semoga hasil yang diraih pemain-pemain muda di Maldives ini bisa menjadi motivasi untuk yang lain, termasuk para senior-seniornya. Walaupun masih muda, mereka bisa tampil baik dan membuat kejutan dengan mengalahkan pemain unggulan. Contohnya Bayu, dia baru berusia 17 tahun sudah bisa menang dari pemain yang di atasnya. Fikri pun sama, dia masih berusia 18 tahun” jelas Rexy.
 
Dalam perjalanannya menuju final, Bayu memang beberapa kali membuat gebrakan dengan menumbangkan pemain unggulan. Di semifinal, ia sukses menekuk Anand Chetand, pemain asal India yang diunggulkan di tempat ketiga. Bayu menang dengan skor 16-21, 21-19, 21-16.
 
Sebelumnya di babak perempat final, Bayu juga memupuskan harapan Malaysia dengan mengalahkan Zulfadli Zulkifli. Juara Dunia Junior 2011 yang unggulan kedua tersebut menyerah dari Bayu dalam dua gim langsung, 14-21, 18-21.
 
Sementara Fikri juga menarik perhatian saat berhasil mengalahkan unggulan pertama asal Sri Lanka, Niluka Karunaratne, lewat permainan straight game, 21-15, 22-20. Kejutan kembali diciptakan Fikri saat ia mengalahkan Anup Sridhar, pemain asal India yang dijagokan di tempat ketujuh. Fikri lagi-lagi menang dua gim langsung dengan skor 21-16, 21-13.