(Asia Championships) Fran/Shendy Gagal ke Final

(Taoyuan, 20/4/2013) Menyerah straight game dari ganda campuran Korea, Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati pun gagal melangkah ke babak final Asia Championships 2013. Pasangan unggulan kelima ini harus mengakui keunggulan Ko Sung Hyun/Kim Ha Na dengan skor 21-23, 15-21.

"Kami kecolongan start dan selalu tertinggal. Pasangan Korea ini lebih siap dari kami. Kedepannya persiapan kami harus lebih matang lagi, seperti latihan, pemanasan, dan sebagainya" ujar Fran yang dijumpai setelah pertandingannya.

Di awal gim pertama, Fran/Shendy sempat ketinggalan jauh hingga 3-8. Namun pasangan unggulan kelima ini berhasil menyusul dan menyamakan kedudukan menjadi 17-17. Saat itu pertarungan semakin sengit, perbedaan skor pun tak lagi terpaut jauh.

Fran/Shendy bahkan lebih dulu meraih game point 20-19. Satu sambaran cepat dari Ko di depan net membuat kedaaan imbang 20-20. Sayangnya Ko/Kim tampil lebih fokus di poin-poin kritis, Fran/Shendy gagal memanfaatkan kesempatan dan gagal menyeberangkan bola di depan net hingga Ko/Kim merebut gim pertama.

Pada gim kedua, Fran/Shendy lagi-lagi kecolongan start. Mereka juga tertinggal jauh 3-8. Berbeda dengan gim pertama, pada gim kedua Ko/Kim tampaknya tak mau memberikan kesempatan Fran/Shendy untuk mengembangkan permainannya. Pasangan Korea yang baru berpasangan ini berlari hingga 18-14 dan akhirnya memupuskan harapan Fran/Shendy untuk melaju ke final.

"Sebetulnya kuncinya di gim pertama, kami sudah unggul tapi kami lengah. Saat gim kedua kami diserang terus dengan smash Ko yang sangat keras, kami tidak bisa keluar dari tekanan" kata Shendy.

"Kami belum puas dengan hasil ini karena kami ingin sekali bertemu Zhang Nan/Zhao Yunlei di final untuk revans" tambahnya.

Indonesia masih memiliki satu wakil lagi di nomor ganda putri lewat pasangan Gebby Ristiyani Imawan/Tiara Rosalia Nuraidah yang akan melawan Ma Jin/Tang Jinhua dari China.