(Asia Championships) Tantangan Berat di Tunggal Putri

(Taoyuan, 15/4/2013) Para pemain tunggal putri Indonesia akan melakoni ujian berat di babak pertama turnamen Asia Championships 2013. Berdasarkan hasil undian, empat tunggal putri Indonesia dijadwalkan untuk bertemu lawan-lawan yang tangguh.

Hera Desi Ana Rachmawati sudah harus melawan unggulan kedua asal China yang juga peraih medali perak Olimpiade London 2012, Wang Yihan.

"Yihan adalah pemain top yang kelasnya diatas saya, besok saya akan bermain nothing to lose tapi tetap tunjukkan yang terbaik" kata Hera yang ditemui setelah menjajal arena pertandingan bersama kontingen Indonesia.

Jika dilihat dari data diatas kertas, Yihan jelas lebih dijagokan. Juara Dunia 2011 ini sempat menghuni peringkat satu dunia dan sulit untuk ditaklukkan.

Meskipun demikian, bukan berarti Yihan tak bisa dikalahkan. Pada All England 2013 lalu, Yihan tumbang di tangan Linda Wenifanetri, pebulutangkis tunggal putri Indonesia. Kemenangan Linda atas Yihan dijadikan sebagai penyemangat bagi Hera.

"Kemenangan Linda kemarin menjadi inspirasi untuk saya. Sebelum berangkat, saya banyak berdiskusi dengan Linda dan pelatih tentang strategi menghadapi Yihan" ungkap Hera.

Sementara itu, Bellaetrix Manuputty akan berhadapan dengan Chen Shao Chieh, runner up Kejuaraan Dunia 2011 sekaligus pemain tuan rumah. Aprilia Yuswandari dan Maria Febe Kusumastuti ditantang wakil dari Thailand. Aprilia dijadwalkan untuk berjumpa dengan Busanan Ongbumrungpan, sementara Febe melawan Sapsiree Taerattanachai.
 
Babak pertama Asia Championships 2013 akan dimulai besok, mulai pukul 09.00 waktu Taipei, atau sekitar pukul 08.00 WIB. Pertandingan akan dilangsungkan di Taipei Arena yang merupakan stadion termegah di Taiwan.
 
Jadwal selengkapnya dapat dilihat di sini.