(PON Riau) Shesar Rebut Dua Emas di PON Pertamanya

 

(Pekanbaru, 19/9/2012) Pemain muda Shesar Hiren Rhustavito merebut medali emas tunggal putra bulu tangkis perorangan pada Pekan Olahraga Nasional XVIII Riau 2012. Shesar menumbangkan seniornya yang sama-sama berasal dari Jawa Tengah, Dionysius Hayom Rumbaka, lewat pertarungan tiga gim, 21-14, 18-21, 21-18. Sebelumnya, ia juga merah emas dari nomor beregu putra bersama tim Jawa Tengah yang menundukkan Jawa Barat dengan skor 3-1.

"Saya tidak menyangka bisa mengalahkan Mas Hayom, karena dia kemampuannya diatas saya. Kunci kemenangan saya adalah main lepas dan tanpa beban, sebaliknya Mas Hayom seperti dibawah tekanan, banyak mati sendiri" kata Shesar yang ditemui usai pertandingannya.

Penampilan Shesar di PON pertamanya ini memang bisa dibilang mengesankan karena ia kerap membuat kejutan. Sebelum mengalahkan Hayom yang merupakan unggulan kedua, di babak semifinal Shesar juga menyingkirkan Tommy Sugiarto yang diunggulkan di tempat pertama.

"Saya tidak tahu Shesar bisa bermain sebaik ini, penampilannya sangat luar biasa. Beberapa kali bola yang harusnya mati, masih bisa dikembalikannya. Saya sendiri merasa sudah maksimal hari ini" ujar Hayom yang optimis dengan Shesar kedepannya.

Penampilan Shesar memang mengundang decak kagum penonton. Penempatan bola dan smash nya yang begitu berbahaya beberapa kali membuat Hayom kesulitan. Sebaliknya permainan serang yang menjadi senjata utama Hayom, tak dapat menembus pertahanan Shesar. Pemain muda asal PB Djarum ini selalu dapat mengontrol serangan lawannya bahkan mengembalikan dengan baik.

Kemenangan ini juga tak disangka-sangka oleh Shesar, ia ditargetkan untuk menembus babak semifinal dan meraih medali perunggu. Selama latihan di pelatnas pun, Shesar mengaku kerap dikalahkan oleh Hayom.

Gelar ini dikatakan Shesar akan menjadi bekal untuk memupuk kepercayaan dirinya di turnamen-turnamen selanjutnya. Shesar berharap dapat membawa pulang gelar juara World Junior Championships 2012 yang akan diikutinya di Jepang pada bulan depan. Sebelumnya, Shesar juga akan berlaga di Indonesia Open GP Gold 2012 di Palembang.

Jawa Tengah mendominasi perolehan medali di nomor tunggal putra. Selain medali emas dan perak dari Shesar dan Hayom, Riyanto Subagja juga menyumbangkan medali perunggu bagi Jawa Tengah. Sementara wakil DKI Jakarta, Tommy Sugiarto, meraih medali perunggu.