(PON Riau) Ricky/Richi Raih Emas Ganda Campuran

 

(Pekanbaru, 19/9/2012) Medali emas ganda campuran bulu tangkis perorangan Pekan Olahraga Nasional XVIII Riau 2012 akhirnya diraih oleh pasangan Ricky Karanda Suwardi/Richi Puspita Dili dari Jawa Barat. Ricky/Richi mengalahkan unggulan 3/4 asal Jawa Tengah, Tontowi Ahmad/Debby Susanto dengan permainan tiga gim, 18-21, 21-13, 21-16.

Ricky/Richi sebetulnya sudah berpeluang untuk memenangkan gim pertama saat berhasil memimpin perolehan poin hingga 12-7, namun tekanan demi tekanan terus dilancarkan Tontowi/Debby hingga keduanya berhasil menyusul bahkan memenangkan gim pertama.

"Sebetulnya kami sudah menerapkan pola permainan yang benar, tapi saat poin tersusul lawan, kami panik. Pada game selanjutnya kami tetap menerapkan pola main yang sama, tapi kami lebih waspada" ujar Richi yang ditemui usai upacara penyerahan medali.

Pada gim kedua, Ricky/Richi kembali memimpin jauh 5-0, kali ini mereka tak ingin lengah seperti gim pertama, Ricky/Richi pun mengamankan gim kedua dan memaksakan dimainkannya gim ketiga.

Ricky/Richi lagi-lagi mendominasi perolehan angka pada gim penentuan. Tontowi/Debby tertinggal jauh hingga 0-5. Satu pengembalian Debby yang melebar ke sisi kiri Ricky/Richi akhirnya membawa pasangan Jawa Barat memenangkan permainan dan meraih medali emas.

"Kami mengakui bahwa lawan memang bagus, kami selalu dibawah tekanan. Selain itu kami juga sulit kembali ke permainan seperti di gim pertama" ujar Tontowi.

Medali perunggu diraih oleh Mohammad Ahsan/Gloria Emmanuelle Widjaja asal Jawa Tengah, serta Andhika Anhar/Devi Tika Permata Sari dari Jawa Barat.