(PON Riau) Aprilia Yuswandari, Satu-satunya Wakil Jatim di Final

 

(Pekanbaru, 18/9/2012) Aprilia Yuswandari menjadi satu-satunya wakil Jawa Timur di babak final bulu tangkis perorangan Pekan Olahraga Nasional XVIII Riau 2012. Ia melaju ke final usai menyingkirkan wakil rekan sepelatnasnya, Maria Febe Kusumastuti dari Jawa Tengah.
 
Aprilia menang meyakinkan dalam dua gim langsung, dengan skor 21-18, 21-13, dalam waktu 40 menit. Di babak final, Aprilia akan berhadapan dengan Bellaetrix Manuputty, wakil dari DKI Jakarta. Bella melangkah ke babak final usai memetik kemenangan atas Hera Desi Ana Rachmawati dari Jawa Barat, dengan skor 21-17, 22-20.
 
“Kali ini saya bisa bermain lebih sabar dari Hera, semoga besok bisa menang lagi dari April. Pada hari ini saya lihat April tidak bermain dengan pola biasanya, mungkin ada strategi lain saat melawan Febe, besok saya harus siap jika ada perubahan seperti ini” ujar Bella yang bertekad mempersembahkan emas bagi kontingen DKI Jakarta.
 
Meskipun sering berlatih bersama di pelatnas, namun Bella dan Aprilia belum pernah bertemu di pertandingan resmi. Keduanya mengaku sudah saling mengetahui permainan masing-masing berikut dengan kekuatan dan kelebihannya.
 
“April biasanya bermain serang, namun seperti yang saya bilang, hari ini dia bisa tampil di luar pola permainannya. Kita lihat saja siapa yang paling siap, semoga kondisi saya tetap fit saat melawan dia besok” tambah Bella yang berasal dari klub Jaya Raya Jakarta ini.
 
Selain dari Aprilia Yuswandari, Jawa Timur sebetulnya juga berpeluang menempatkan wakil di final pada nomor ganda putra dan ganda putri. Sayangnya pasangan Rian Agung Saputro/Tri Kusuma Wardhana gagal menghadang pasangan DKI Jakarta, Agripinna Prima Rahmanto/Marcus Fernaldi Gideon setelah dikalahkan dengan skor 21-17, 19-21, 18-21.
 
Pasangan ganda putri Shendy Puspa Irawati/Jenna Gozali pun harus mengakui keunggulan wakil DKI Jakarta yang juga merupakan unggulan pertama, Nitya Krishinda Maheswari/Pia Zebadiah Bernadet. Shendy/Jenna dikalahkan dalam permainan dua gim, dengan skor 13-21, 15-21.
 
Dengan hasil ini, maka Jawa Tengah mengirimkan wakil terbanyak ke final dengan empat wakil. Keempat wakil tersebut adalah Dionysius Hayom Rumbaka dan Shesar Hiren Rhustavito di tunggal putra, Tontowi Ahmad/Mohammad Ahsan di ganda putra, serta Tontowi Ahmad/Debby Susanto di ganda campuran.
 
Disusul DKI Jakarta dengan tiga wakil, yaitu Bellaetrix Manuputty di tunggal putri, Nitya Krishinda Maheswari/Pia Zebadiah Bernadet di ganda putri, serta Agripinna Prima Rahmanto/Marcus Fernaldi Gideon di ganda putra.
 
Jawa Barat menempatkan dua wakil lewat pasangan ganda putri Devi Tika Permata Sari/Komala Dewi, dan Ricky Karanda Suwardi/Richi Puspita Dili di ganda campuran. Sementara Jawa Timur hanya menyisakan pemain tunggal putri, Aprilia Yuswandari.
 
Jadwal lengkap babak final dapat dilihat di sini.