(PON Riau) Serunya Persaingan di Ganda Campuran

 

(Pekanbaru, 16/9/2012) Persaingan ketat di nomor ganda campuran diperkirakan akan mewarnai cabang olahraga bulu tangkis di Pekan Olahraga Nasional XVIII Riau 2012. Pasalnya, tiap daerah memiliki pasangan-pasangan andalan yang memiliki kekuatan hampir merata.
 
“Nomor ganda campuran akan ramai, masing-masing daerah punya pasangan yang kuat, tak mudah memperkirakan siapa yang akan menjadi juara” ujar Richard Mainaky, pelatih yang mendampingi tim Jawa Barat.
 
Sebut saja Jawa Tengah yang diperkuat pasangan Tontowi Ahmad/Debby Susanto dan Mohammad Ahsan/Gloria Emmanuelle Widjaja. Meskipun bukan pasangan tetap, Tontowi/Debby merupakan pemain spesialis ganda campuran yang sudah memiliki nama di kancah perbulu tangkisan dunia.
 
Kiprah Tontowi bersama pasangan tetapnya, Liliyana Natsir, sudah tak perlu diragukan lagi, mereka kini merupakan pasangan peringkat empat dunia. Keduanya adalah pasangan terkuat yang dimiliki Indonesia, berbagai gelar bergengsi sudah dikoleksi Tontowi/Liliyana, termasuk gelar All England 2012. Sementara Debby yang berpasangan bersama Muhammad Rijal adalah pasangan terbaik kedua Indonesia yang kini berada di rangking 20 dunia.
 
Pasangan Ahsan/Gloria juga tak dapat dianggap remeh. Meskipun Ahsan bukanlah pemain ganda campuran, namun juara ganda putra Indonesia Open GP Gold 2011 ini merupakan salah satu pemain andalan. Bersama Bona Septano, Ahsan merupakan satu-satunya wakil ganda putra Indonesia di Olimpiade London 2012.
 
“Saya akan fokus di kedua nomor, karena sudah dipercaya main rangkap. Peluang di ganda putra dan ganda campuran sama saja, yang penting bermain yang terbaik saja dulu” kata Ahsan yang bersama Gloria lolos ke perempat final setelah hari ini mengalahkan Subhan Hasan/Rizki Amelia (Sumatera Utara), dengan skor 21-15, 21-18.
 
Bona sendiri akan berpasangan dengan adik kandungnya, Pia Zebadiah Bernadet, dan membela tim DKI Jakarta. Tim DKI Jakarta juga akan diperkuat pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Della Destiara Haris.
 
Sejumlah daerah lainnya juga memiliki andalan. Kep. Riau bahkan diperkuat oleh unggulan pertama, yaitu Irfan Fadhilah/Weni Anggraini. Tim Jawa Timur mengandalkan pasangan Riky Widianto/Shendy Puspa Irawati. Riky dan Shendy pernah menjadi pasangan tetap pelatnas sebelum akhirnya dipisah dan Shendy dipasangkan dengan Fran Kurniawan. Sementara Riky dipasangkan dengan Richi Puspita Dili. Pada PON kali ini, Richi membela tim Jawa Barat dan berpasangan dengan Ricky Karanda Suwardi.
 
Hasil lengkap babak kedua nomor ganda campuran dapat dilihat di sini.