(PON Riau) Tim Putri Jabar Raih Medali Emas

 

(Pekanbaru, 14/9/2012) Putri-putri Jawa Barat berhasil meraih gelar juara beregu putri di Pekan Olahraga Nasional XVIII Riau 2012 usai menundukkan tim Jawa Tengah dengan skor 3-2.
 
Poin pertama disumbangkan oleh Hera Desi Ana Rachmawati yang mengalahkan Maria Febe Kusumastuti. Hera sempat beberapa kali meminta pertolongan tim medis karena merasa sakit pada kaki kanannya, ia bahkan terlihat kesulitan berjalan. Namun akhirnya Hera berhasil menyelesaikan pertandingan dengan skor 21-19, 23-21.
 
Tim Jawa Tengah menyamakan kedudukan lewat pasangan Debby Susanto/Melati Daeva yang mengalahkan pasangan juara Asia Junior 2011, Suci Rizki Andini/Tiara Rosalia Nuraidah lewat pertarungan sengit, 28-26, 14-21, 21-19. Linda Wenifanetri membuat kedudukan kembali unggul bagi tim Jawa Barat usai menundukkan Anna Rovita dalam dua gim langsung, 23-21, 21-13.
 
“Kami berharap pada Suci/Tiara, peluangnya besar, namun tidak sampai sebesar 70:30, kami sudah siap juga kalau harus kehilangan poin di nomor ini. Kekuatan tim kami dan Jateng bisa dibilang seimbang, jadi kami tidak kaget. Walau kami menang mudah di penyisihan, tapi keadaan di final jelas berbeda sekali, pressure nya lebih tinggi” kata Indra Wijaya, Pelatih Tim Jawa Barat.
 
Nomor ganda putri kembali berlangsung seru lewat pertarungan pasangan Devi Tika P/Komala Dewi vs Annisa Saufika/Gloria Emanuelle Widjaja. Pertandingan berakhir dengan keunggulan tim Jawa Tengah lewat kemenangan Annisa/Gloria, 21-19, 9-21, 25-23.
 
“Seperti janji saya kemarin, bahwa tim Jateng akan memberi perlawanan sengit kepada Jabar. Walaupun hari ini kalah, namun hasil ini sudah melebihi target kami. Hari ini saya cukup puas dengan penampilan tim putri yang lebih baik dari sebelumnya, kuncinya menjaga mood mereka agar suasana bertanding kondusif, apalagi di beregu, dibutuhkan rasa kebersamaan” kata Fung Permadi, Manajer Tim Jawa Tengah yang ditemui usai pertandingan.
 
Febby Angguni menjadi penentu kemenangan tim Jawa Barat , ia menghentikan perlawanan Rosaria Yusfin Pungkasari dengan skor 21-18, 21-10. Medali emas dan perak beregu putri masing-masing diraih daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah, sementara tim DKI Jakarta dan Jawa Timur mendapatkan medali perunggu.