(PON Riau) Jawa Tengah Sukses Pertahankan Gelar Beregu Putra

 

(Pekanbaru, 14/9/2012) Tim Jawa Tengah berhasil mempertahankan gelar juara bulu tangkis beregu putra di Pekan Olahraga Nasional XVIII Riau 2012 usai menundukkan tim Jawa Barat dengan skor 3-1.
 
“Hasil hari ini memang sesuai perkiraan kami, namun sempat deg-degan juga melihat pertandingan Ahsan/Tontowi karena mereka tidak tampil seperti kemarin. Ahsan juga terlihat kesulitan mengambil bola-bola atas” ujar Fung Permadi, Manajer Tim Jawa Tengah.

Poin pertama disumbangkan oleh pemain andalan Jawa Tengah, Dionysius Hayom Rumbaka yang berhasil mengalahkan Alrie Guna Dharma. Hayom sepertinya sama sekali tidak mengalami kesulitan menghadapi Alrie, ia menyelesaikan tugasnya dengan menang relatif mudah, 21-6, 21-7.

Partai kedua antara pasangan Afiat Yuris Wirawan/Rendy Sugiarto melawan Muhammad Ulinnuha/Ricky Karanda Suwardi berlangsung cukup sengit. Afiat/Rendy akhirnya menghentikan perlawanan Ulin/Ricky dan menambah keunggulan tim Jawa Tengah 2-0 dengan memenangkan pertandingan 21-18, 19-21, 21-19.

Andre Marteen menahan laju tim Jawa Tengah setelah menundukkan Shesar Hiren Rhustavito dalam dua gim langsung, 21-10, 21-17. Seperti diutarakan Fung, Shesar memang mengalami kelelahan dalam beberapa hari ini sehingga penampilannya di final kurang maksimal.

Pasangan Mohammad Ahsan/Tontowi Ahmad yang turun di partai keempat menjadi penentu kemenangan tim Jawa Tengah. Meskipun dipaksa bermain tiga gim, Ahsan/Tontowi akhirnya menang atas Andhika Anhar/Berry Angriawan dengan skor 23-21, 14-21, 21-18.
 
“Masuk ke final saja sudah bagus bagi tim putra Jawa Barat, meski tadi mereka kalah tapi saya salut melihat fighting spirit mereka. Lawannya cukup kuat dan merupakan pemain berpengalaman, tapi mereka tetap berusaha memberikan perlawanan” kata Indra Wijaya, Pelatih tim Jawa Barat.

Dengan hasil ini, maka tim Jawa Tengah berhak atas medali emas beregu putra, sementara Jawa Barat mendapat perak. Medali perunggu diraih oleh tim DKI Jakarta dan Jawa Timur.