(PON Riau) Jabar dan Jateng Kuasai Final Beregu

 

(Pekanbaru, 13/9/2012) Menyusul sukses tim putri, tim bulu tangkis putra Jawa Barat juga lolos ke babak final Pekan Olahraga Nasional XVIII Riau 2012 usai menundukkan tim DKI Jakarta dengan skor 3-1. Hasil ini cukup mengecewakan bagi tim DKI Jakarta yang sebelumnya juga menelan kekalahan di nomor beregu putri.

DKI Jakarta sebetulnya sempat unggul saat Tommy Sugiarto yang turun sebagai tunggal pertama memenangkan pertandingan atas Alrie Guna Dharma lewat permainan tiga gim 21-6, 15-21, 21-16.

Tim Jawa Barat kemudian menyamakan kedudukan dengan meraih poin pertama dari pasangan Muhammad Ulinnuha/Ricky Karanda Suwardi yang mengalahkan Bona Septano/Angga Pratama, 21-15, 15-21, 21-18. Alrie cs kian percaya diri maju ke final setelah meraih poin kedua dari Andre Marteen. Tunggal kedua Jabar ini mengalahkan rekan sepelatnasnya, Evert Sukamta, dalam dua gim langsung, 21-14, 21-19.
 
Partai keempat berlangsung sangat menegangkan dimana ini merupakan partai penentuan bagi tim Jawa Barat untuk meraih tiket final serta bagi tim DKI Jakarta untuk memperpanjang nafas. Andhika Anhar/Berry Angriawan akhirnya membawa tim Jawa Barat ke final dengan menghentikan perlawanan pasangan Agripinna Prima Rahmanto/Marcus Fernaldi Gideon dengan skor 21-12, 20-22, 21-17.
 
“Seharusnya kami bisa mencuri poin lewat Agri/Marcus karena mereka lebih dijagokan, namun mungkin karena terbebani, mereka tidak tampil bagus. Partai kedua memang sudah kami perkirakan akan sulit bagi Bona/Angga, karena lawan mereka, Ricky/Ulin, memang pasangan tetap” kata Endra Mulyajaya, pelatih ganda tim DKI Jakarta.
 
Sama seperti tim Jawa Barat, tim Jawa Tengah pun berhasil meloloskan diri ke final beregu putra dan putri. Pada babak semifinal yang berlangsung malam ini di GOR Gelanggang Remaja Pekanbaru, tim putra Jawa Tengah menekuk tim Jawa Timur dengan skor 3-1.
 
Tim Jawa Tengah optimis bisa mempertahankan gelar juara pada PON Kaltim 2008, pasukan yang dikomandoi Fung Permadi ini diperkirakan akan tetap memasang formasi pemain seperti di semifinal hari ini.
 
“Kami akan coba ambil poin dari tunggal pertama dan kedua, serta satu nomor ganda. Kuncinya akan ada di Shesar yang akan turun sebagai tunggal kedua” ujar Fung, ketika ditanya mengenai pertandingan final besok.
 
Apakah tim Jawa Tengah mampu mempertahankan gelar juara mereka di nomor beregu putra dan bahkan menyapu bersih gelar nomor beregu? Apakah justru tim Jawa Barat yang berhasil mengawinkan gelar juara beregu putra dan putri? Atau keduanya berbagi gelar juara? Jawabannya ada di partai final PON 2012 yang akan dilangsungkan besok, Jumat (14/9), pukul 14.00 WIB.
 
Berikut hasil lengkap babak semifinal beregu putra :
 
Jawa Barat vs DKI Jakarta 3-1
 
Alrie Guna Dharma vs Tommy Sugiarto 6-21, 21-15, 16-21
Muhammad Ulinnuha/Ricky K Suwardi vs Bona Septano/Angga Pratama 21-15, 15-21, 21-18