27 Pengprov Dukung Gita Wirjawan

(Jakarta, 10/9/2012) Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dicalonkan 27 Pengprov PBSI untuk menjadi Ketua Umum PB PBSI Periode 2012-2016 dalam Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang bakal berlangsung di Yogyakarta, 20-22 September. Dukungan ini menyusul pelimpahan suara yang didapat  Ketua Umum PBSI 2008-2012 Djoko Santoso belakangan ini.
 
Belakangan ini, makin banyak suara-suara Pengprov PBSI yang menginginkan Djoko Santoso untuk kembali menduduki jabatan sebagai nahkoda organisasi bulutangkis nasional hingga tahun 2016. Dukungan itu terus mengalir, dan tercatat sudah 27 Pengprov PBSI yang mencalonkan mantan Panglima TNI untuk kembali menjabat di organisasi bulutangkis nasional.
 
Namun, seperti komitmen awal Djoko Santoso, apabila ada kandidat lain yang jauh lebih baik dalam segala bidang, dirinya bersedia mundur dengan legawa untuk menyerahkan tampuk pimpinan organisasi PBSI kepada yang bersangkutan. Tanpa banyak diketahui, Djoko ternyata telah mengadakan pertemuan dengan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan. Inti pertemuan tersebut adalah permintaan Djoko kepada Gita Wirjawan untuk menjadi nahkoda baru PBSI 2012-2016. Ternyata, Menteri Perdagangan ini bersedia.
 
Djoko yang merasa ada tokoh lain yang lebih baik, akhirnya memilih mengundurkan diri dari bursa Ketua Umum PBSI dalam Munas yang bakal berlangsung di Yogyakarta. Dukungan suara yang makin menguat itu pun kemudian dilimpahkan mantan jenderal bintang empat itu kepada Gita Wirjawan. Pelimpahan itu disampaikan oleh Djoko dalam acara silaturahmi dengan 22 Pengprov PBSI di kediamannya, kawasan Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (9/9) malam.
 
”Pak Djoko dengan gamblang menjabarkan kondisi terakhirnya. Banyak rekan-rekan daerah terharu dengan penyampaian Pak Djoko. Para Pengprov PBSI yang hadir pun bisa memahami kalau Pak Djoko tidak bersedia mencalonkan kembali dalam Munas. Para Pengprov juga tidak keberatan kalau suara dukungan untuk Pak Djoko akhirnya dilimpahkan untuk mendukung kepada Pak Gita Wirjawan untuk memimpin PB PBSI 2012-2016,” tutur Sekjen PB PBSI Yacob Rusdianto, kepada wartawan di Pelatnas Cipayung, Senin (10/9).
 
Dalam jumpa pers itu, selain Sekjen PBSI Yacob Rusdianto, hadir pula seluruh 22 Pengrpov PBSI yang akan memberikan dukungan kepada Gita Wirjawan dalam Munas di Yogyakarta.
 
Dijelaskan oleh Yacob Rusdianto, dalam pertemuan di kediaman Pak Djoko tersebut, sebanyak 22 Pengprov PBSI sudah menyatakan loyal untuk mendukung Gita. Demikian pula dengan lima Pengprov PBSI yang tidak bisa hadir ke Jakarta, namun tetap akan mendukung Gita sebagai pimpinan baru di organisasi bulutangkis Indonesia.
 
Dalam acara di Pelatnas Cipayung, Senin pagi itu, juga berlangsung serah terima surat pernyataan pencalonan Gita Wirjawan sebagai calon Ketua Umum PB PBSI dalam Munas nanti yang diserahkan oleh Kabid Organisasi Pengprov PBSI DIY, Totok Wardianto kepada Yacob Rusdianto, yang juga Ketua Penyelenggara Munas PBS