(Asia Junior Championships) Hadapi Singapura, Indonesia Waspadai Tunggal Putri

(Gimcheon, 29/6/2012) Tunggal putri menjadi sektor yang paling diwaspadai oleh Indonesia saat melawan Singapura besok, Sabtu (30/6). Di atas kertas, tim Indonesia secara keseluruhan memang masih lebih unggul, namun Indonesia tengah berusaha mengumpulkan kemenangan sebanyak-banyaknya untuk mengincar posisi juara grup B agar di perempat final terhindar dari tim China yang kemungkinan besar menjadi juara grup D.

Singapura memiliki tunggal putri yang belakangan ini tampil cukup baik di sejumlah turnamen. Adalah Liang Xiaoyu, pemain junior yang juga bermain di nomor ganda putri dan ganda campuran yang sempat membuat kejutan dengan mengalahkan Renna Suwarno di Thailand Open Grand Prix Gold 2012. Meskipun harus berjuang keras, Xiaoyu akhirnya menyingkirkan Renna dengan skor 30-28, 20-22, 21-9.

Selain itu, saat bermain di kandangnya sendiri di Singapore Open Super Series 2012, Xiaoyu juga menumbangkan pemain Malaysia, Sannatasah Saniru, dalam dua gim langsung 21-11, 23-21.

“Xiaoyu merupakan pemain muda yang cukup bagus dan harus diwaspadai, ia sangat ulet di lapangan” kata Devi Sukma Wijaya, pelatih tunggal putri yang mendampingi skuat Asia Junior di Gimcheon.

Hanna Ramadini akan menjadi senjata tim Indonesia untuk meredam perlawanan Xiaoyu. Rekor pertemuan sementara ini diungguli Xiaoyu dengan skor 1-0. Keduanya pernah bertemu di babak perempat final ASEAN School 2010, Xiaoyu memenangkan pertandingan dengan rubber game, 21-18, 15-21, 21-13.

Saat ini pemain putri Singapura tersebut juga memiliki rangking yang cukup jauh diatas Hanna. Xiaoyu berada di posisi 167, sementara Hanna di peringkat 335.