(Singapore Super Series) Tontowi/Liliyana Batal Tampil

 

(Jakarta, 18/6/2012) Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dipastikan tak dapat mempertahankan gelar juara di Singapura yang mereka raih pada tahun lalu. Pasalnya ganda campuran juara All England 2012 ini batal untuk tampil di Singapore Open Super Series 2012 karena tengah mempersiapkan diri ke Olimpiade London 2012.
 
“Kami ingin mempersiapkan diri lebih intensif untuk Olimpiade London, dan menjaga kondisi pinggang saya yang kemarin belum sembuh benar” kata Tontowi ketika diklarifikasi mengenai batalnya ia dan Liliyana ke Singapura.
 
Pada saat berlaga di Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2012 lalu, Tontowi sempat dikabarkan memiliki keluhan pada pinggangnya. Namun hal ini sudah dialaminya sebelum ia berlaga di turnamen berhadiah US$ 650,000 tersebut.
 
Tontowi/Liliyana gagal di babak final usai dikalahkan pasangan Thailand yang tengah on fire, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam. Pertandingan berlangsung alot selama 73 menit dengan kedudukan akhir 17-21, 21-17, 13-21.
 
Sementara itu Liliyana mengaku dalam keadaan yang kondusif. Absen di Singapura membuatnya bisa konsentrasi untuk berlatih dibawah arahan sang pelatih Richard Mainaky dan Nova Widianto. Nova merupakan mantan pasangan main Liliyana, keduanya pernah menjadi juara dunia tahun 2005 dan 2007, serta meraih medali perak Olimpiade Beijing 2008.
 
“Kondisi saya hingga saat ini baik-baik saja, kami hanya ingin lebih fokus lagi untuk latihan jelang olimpiade” ungkap Liliyana yang dihubungi Senin (18/6).
 
Pada turnamen Singapore Super Series 2012 ini, Tontowi/Liliyana yang kini berada di rangking tiga dunia, merupakan pasangan yang dijagokan di tempat pertama. Dua ganda terkuat dunia asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei dan Xu Chen/Ma Jin juga absen, diduga mereka pun ingin mempersiapkan diri jelang perhelatan olahraga terakbar empat tahunan tersebut.